Begini Cara Tangkal Virus Corona

Perilaku hidup bersih dan sehat bisa menghindari seseorang dari bermacam-macam virus termasuk virus corona.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 04 Februari 2020  |  20:48 WIB
Begini Cara Tangkal Virus Corona
Sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) beraktivitas di Hanggar Pangkalan Udara Raden Sadjad, saat masa observasi pascaevakuasi dari Wuhan China di Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Selasa (4/2/2020). - ANTARA / M Risyal Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA-- Penyebaran virus corona bisa dicegah dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Perilaku tersebut bisa dimulai dari diri sendiri dan keluarga.

PHBS bisa meredakan ketakutan diri terhadap penyebaran virus corona yang begitu cepat. Dunia kini tengah khawatir terhadap virus corona yang menjalar begitu cepat. Dalam sepekan, telah ada 20.695 kasus dan 427 orang dinyatakan meninggal dunia akibat virus ini.

Kendati demikian, masyarakat Indonesia diminta tidak perlu khawatir. Dokter Spesialis Paru Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) Raden Rara Diah Handayani mengungkapkan PHBS antara lain mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir minimal selama 20 detik, hindari menyentuh mata, hidung dan mulut dengan tangan yang tidak dicuci, menutup hidung dan mulut saat batuk atau bersin menggunakan.

“Jika tidak memiliki tisu, gunakan lengan dalam baju saat bersin atau batuk. Jangan gunakan tangan untuk menutup mulut dan hidung. Jangan meludah sembarangan atau membuang dahak sembarangan," tuturnya di RSUI, Depok, Selasa (4/2/2020).

Dia berpesan agar orang yang bersin segera membuang tisu yang telah dipakai ke dalam tempat sampah. Kemudian bersihkanlah tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir atau dengan cairan antiseptik berbasis alkohol.

Kemudian penuhi kebutuhan nutrisi dengan pola makan seimbang, istirahat cukup, dan berhenti merokok bagi para perokok. Selain itu, hindari kontak dekat dengan orang yang menderita demam dan batuk serta tidak makan-makanan mentah terutama dari hewan. Penggunaan alat pelindung diri seperti masker hanya salah satu dari berbagai macam perlindungan di atas yang tidak kalah penting.

Direktur pelayanan Sekunder dan Unggulan RSUI, dr. Sukamto menambahkan daya tahan tubuh menjadi faktor penting untuk menangkal virus. Sistem kekebalan tubuh membutuhkan protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral.

“Pada dosis yang cukup mikronutrien diperlukan. Lemak, protein, karbohidrat, mikronutrien, vitamin seperti seng, zink, kalsium diperlukan,” katanya.

Pencegahan juga bisa dilakukan dengan vaksin influenza. Influenza dan coronavirus adalah dua virus yang berbeda, namun mempunyai gejala yang mirip. Vaksin Influenza dapat memberikan perlindungan selama setahun dan menurunkan resiko terjadinya berbagai komplikasi flu, termasuk pneumonia dan berbagai komplikasi lainnya.



Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
virus corona

Editor : Novita Sari Simamora
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top