Cukur kumis/feveable.com
Health

Ini Penyebab Perempuan Berkumis

Newswire
Rabu, 5 Februari 2020 - 18:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Sebagian perempuan memiliki kumis tipis. Bulu yang tumbuh di bibir atas ini merupakan ciri khas fisik laki-laki.

Ada beberapa perempuan yang memiliki kumis merasa tak percaya diri karena bulu yang tumbuh di bibir atas. Dalam dunia medis, suatu kondisi tumbuhnya rambut di bagian wajah dan tubuh tertentu pada tubuh seorang perempuan disebut hirsutisme.

Selain kumis, wanita yang mengalami hirsutisme juga dapat mengalami pertumbuhan rambut pada bagian tubuh lainnya, seperti dagu, dada, perut, lengan, dan punggung. Bahkan, rambut yang tumbuh tersebut bertekstur kasar dan berwarna gelap.

Pada beberapa kasus, penyebab wanita berkumis memang tidak dapat diketahui. Kendati demikian, ada beberapa kondisi yang menyebabkan wanita jadi berkumis, yakni:

1. Faktor genetik
Terkadang, wanita berkumis disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. Ya, apabila Anda memiliki keluarga kandung, seperti ibu dan saudara perempuan yang berkumis, maka kemungkinan besar Anda akan mempunyai kondisi yang serupa. Wanita berkumis juga umum dialami oleh para perempuan dari Asia Selatan, Timur Tengah, dan wilayah Mediterania.

2. Peningkatan hormon testosteron
Penyebab wanita berkumis lainnya adalah peningkatan hormon. Munculnya kumis atau banyak tumbuh rambut pada tubuh wanita juga dapat disebabkan oleh tingginya jumlah testosteron (androgen) di dalam tubuhnya.

Hormon testosteron normalnya berjumlah lebih banyak pada pria, dan berjumlah sedikit pada tubuh wanita. Ketika jumlah hormon testosteron banyak, maka menyebabkan kondisi hirsutisme. Peningkatan hormon androgen dan kondisi hirsutisme umum terjadi pada wanita yang mengalami dindrom PCOS (polycystic ovary syndrome), yang merupakan penyebab umum wanita mengalami ketidakseimbangan produksi hormon androgen.

Wanita dengan PCOS juga memiliki masalah jerawat, menstruasi tidak teratur, diabetes, kenaikan berat badan, dan kesuburan. Selain PCOS, peningkatan hormon androgen juga terjadi pada wanita dengan sindrom Cushing, yaitu suatu kondisi di mana Anda memiliki kadar hormon stres kortisol dalam jangka waktu yang lama, atau tumor yang terletak pada kelenjar adrenal atau ovarium.

3. Perubahan hormon
Perubahan hormon saat menopause dapat menyebabkan munculnya rambut pada tubuh. Tak heran jika wanita yang mengalami perubahan hormon saat menopause akan berkumis.

4. Penggunaan obat-obatan
Beberapa jenis obat-obatan dapat menyebabkan perubahan hormon dalam tubuh. Akibatnya, perempuan bisa memiliki rambut di wajah atau tubuhnya. Jenis obat-obatan yang dapat menyebabkan perubahan hormon, antara lain obat hormon seperti steroid anabolik, obat yang memicu pertumbuhan rambut seperti minoxidil, obat yang berisi hormon testosteron, danazol untuk mengatasi endometriosis, glucocorticoid, Cyclosporine, dan Phenytoin.

5. Kondisi kesehatan lainnya
Wanita berkumis juga dapat disebabkan oleh kondisi medis serius lainnya, seperti gangguan kelenjar adrenal atau ovarium. Jika dirasa cukup mengganggu penampilan, kondisi tumbuhnya banyak rambut pada wajah dan tubuh sebaiknya diperiksakan ke dokter.

Umumnya, dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan pencitraan, seperti CT scan, MRI, atau USG, pada ovarium dan kelenjar adrenal untuk mendeteksi apakah terdapat kista atau tumor pada kedua organ tersebut. Selain itu, dokter juga akan melakukan pemeriksaan fisik serta tes darah yang bertujuan memeriksa kadar hormon Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro