Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Begini Cara Mencegah Kanker

Penyakit kanker bisa dijauhi selama memiliki gaya hidup yang sehat. Salah satu cara menghindari kanker juga dengan menjaga berat badan tetap ideal.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 05 Februari 2020  |  20:18 WIB
Ilustrasi - ugandacancersociety.org
Ilustrasi - ugandacancersociety.org

Bisnis.com, JAKARTA — Jumlah penderita kanker di Indonesia terus meningkat, bahkan kanker telah menjadi penyebab kematian kedua terbesar di dunia.

Ketua Yayasan Kanker Indonesia Aru Wisaksono Sudoyo mengatakan gaya hidup yang salah menjadi penyebab utama munculnya kanker yang mencapai hingga 90 persen, mulai dari pola makan yang tidak sehat, merokok, obesitas, infeksi hingga konsumsi alkohol, sedangkan sisanya diakibatkan oleh faktor keturunan.

Menurutnya, salah satu cara yang paling ampuh untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kanker adalah dengan menurunkan berat badan menjadi ideal, membangun pola makan yang sehat serta melakukan aktivitas fisik secara teratur.

“Jika pola hidup sehat ini dijalankan semua  dengan baik, bisa mencegah kemungkinan kanker hingga 30 persen  sampai 35 persen. Apalagi disertai dengan deteksi dini kanker atau screening guna membantu diagnosa lebih dini,” ujarnya dalam konferensi pers Hari Kanker Sedunia 2020, Rabu (5/2/2020).

Menurutnya, pencegahan kanker sebetulnya dapat dilakukan secara sederhana akan tetapi untuk itu dibutuhkan upaya yang serius. Dia mengungkapkan YKI berperan dalam mengedukasi masyarakat agar semakin meningkatkan kesadaran akan pentingnya mencegah kanker sejak dini.

Berdasarkan data Globocan pada 2018, angka kejadian kanker secara global diperkirakan telah meningkat menjadi 18,1 juta kasus baru dan 9,6 juta kematian akibat kanker di dunia pada 2018. Sementara itu, di Indonesia pada tahun yang sama, jumlah kematian akibat kanker mencapai 207.210 kasus.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kanker
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top