Tangkal Virus Corona dengan Menjaga Sistem Imunitas

Masyarakat diimbau untuk menjaga kesehatan sistem imunitas tubuh sebagai langkah antisipasi terkena serangan virus, salah satunya corona.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 12 Februari 2020  |  09:10 WIB
Tangkal Virus Corona dengan Menjaga Sistem Imunitas
Pejabat mengenakan pelindung di Cheung Hong Estate di distrik Tsing Yi, Hong Kong, China, pada pagi hari Selasa, 11 Februari 2020. Pemerintah Hong Kong telah mengevakuasi beberapa warganya di sebuah gedung tempat dua pasien telah dikonfirmasi memiliki infeksi virus corona, menurut Wong Ka-Hing, pengontrol di Pusat Perlindungan Kesehatan. - Bloomberg

Bisnis.com JAKARTA - Masyarakat diimbau untuk menjaga kesehatan sistem imunitas tubuh sebagai langkah antisipasi terkena serangan virus, salah satunya corona. 

Dikutip dari siaran pers dari Sequis, Selasa (11/2), sistem imunitas tubuh terdiri dari organ, sel, jaringan, dan protein yang bekerja sama melindungi tubuh dari serangan virus dan bakteri asing. Ketika sistem imunitas tubuh berfungsi dengan baik, tubuh dapat mendeteksi ancaman dan memicu respon kekebalan untuk menghancurkannya. Sistem imunitas tubuh secara luas terbagi menjadi dua bagian, yaitu kekebalan bawaan dan kekebalan adaptif.
 
Kekebalan bawaan adalah perlindungan alami yang dimiliki setiap manusia sejak lahir. Setelah mendeteksi adanya infeksi, kekebalan bawaan dalam bentuk sel darah putih akan merespon secara cepat dengan cara memproduksi ekstra lendir untuk menangkap bakteri atau virus dan meningkatkan thermostat tubuh sehingga tubuh menjadi demam.  

Sedangkan kekebalan adaptif adalah perlindungan yang diperoleh dengan melakukan vaksinasi. Sistem adaptif membutuhkan waktu 5-10 hari untuk mengidentifikasi antibodi yang diperlukan dan memproduksinya dalam jumlah yang diperlukan untuk menyerang bakteri dan virus yang mengancam tubuh. Pada saat itu, sistem kekebalan bawaan menjaga patogen (mikroorganisme parasit penyebab penyakit) dan mencegahnya berkembang biak.
 
Kunci utama untuk mempertahankan imunitas tubuh adalah dengan kebiasaan hidup sehat dan bersih, berolahraga teratur, cukup istirahat serta mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi dan vitamin, seperti Vitamin C, E, beta karoten, dan Zinc. Di antara banyak vitamin, Vitamin C dipercaya sebagai salah satu pendorong terbesar sistem kekebalan tubuh. Sumber alami Vitamin C yang luar biasa salah satunya dapat ditemukan dalam buah Guava Crystal (jambu biji). 
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
virus corona

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top