Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Simak Mesin dan Teknik Penyajian Kopi untuk Pemula

ebagian orang tertarik untuk mempelajari teknik penyajian kopi. Teknik dan mesin apa yang baik untuk dilakukan oleh para pemula?
JIBI
JIBI - Bisnis.com 15 Februari 2020  |  13:43 WIB
Barista restoran Arack & Spice Aditya Wiguna meracik kopi destilasi sehingga kopi sebening air mineral. JIBI/BISNIS - Aprianus Doni
Barista restoran Arack & Spice Aditya Wiguna meracik kopi destilasi sehingga kopi sebening air mineral. JIBI/BISNIS - Aprianus Doni

Bisnis.com, JAKARTA - Kopi memang tak lekang oleh waktu. Sejak dulu, orangtua tentu terbiasa minum kopi. Hingga kini kopi masih menjadi favorit, bahkan sampai ke kalangan anak muda atau milenial.

Sebagian orang tertarik untuk mempelajari teknik penyajian kopi. Teknik dan mesin apa yang baik untuk dilakukan oleh para pemula?

Dari segi teknik, barista Gabriela Karen Fernanda menyarankan teknik manual brewing alias menyajikan kopi yang diseduh dengan cara manual.

Menurutnya, teknik ini sangat sederhana, tapi bisa menambah wawasan sebab dalam menyeduh kopi secara manual, setiap orang bisa menggunakan biji kopi apapun.

 “Penyeduhan dengan teknik dan biji kopi berbeda bisa menghasilkan rasa yang berbeda,” katanya saat ditemui dalam acara Indonesia Coffee and People Festival di Jakarta pada Jumat (14/2/2020).

Dengan demikian, setiap orang pun bisa langsung mendapatkan pembelajaran tentang pembuatan kopi yang hasilnya beragam. Wanita berusia 28 tahun ini juga membedakannya dengan mesin instan espresso.

“Beda sekali kalau pakai mesin instan espresso. Hasilnya satu dan kita dimudahkan, jadi tidak cocok untuk yang mau belajar,” ujarnya.

Mengenai teknik manual brewing, Gabriela mengatakan ada tiga metode terpopuler yakni French Press, Chemex, dan V60. Namun, bagi pemula, ia menyarankan V60 saja.

 “Kalau baru belajar, V60 saja karena tidak ribet dan tidak makan waktu. French Press dan Chemsex butuh belajar lebih lama lagi,” jelasnya.

Dari segi alat, Gabriela menjelaskan alat yang dibutuhkan para pemula adalah cerek atau ketel, gelas dan kertas penyaring khusus. Ini pun sangat murah, mudah, dan terjangkau untuk siapapun.

“Alat ini bisa ditemukan di platform jual beli online. Cocok sekali kalau baru mau belajar dan tidak mau buang uang,” ungkapnya.

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kopi barista

Sumber : Tempo.Co

Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top