Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tips Agar Tak Tertipu Wedding Organizer Abal-Abal

minimnya informasi mengenai cara memilih WO yang tepat, membuat banyak masyarakat yang kemudian tertipu karena kebanyakan diantaranya yang menggunakan jasa WO hanya dari brosur dan tergiur dengan harga yang murah.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 15 Februari 2020  |  11:50 WIB
Ilustrasi pernikahan - Reuters
Ilustrasi pernikahan - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Kehadiran wedding organizer (WO) memang menjadi solusi yang tepat bagi calon pengantin yang ingin menghadirkan nuansa dan tema tertentu dalam pesta pernikahannya. Begitu pula dengan pasangan yang tidak memiliki banyak waktu untuk mendesain dan merancang pesta di hari bahagia mereka.

Namun, minimnya informasi mengenai cara memilih WO yang tepat, membuat calon pengantin tertipu karena  banyak menggunakan jasa WO berdasarjan informasi hanya dari brosur dan tergiur dengan harga murah.

Berbagai bentuk penipuannya pun sangat beragam, mulai dari menu makanan yang tak sesuai orderan, baik dari segi rasa maupun jumlah, dokumentasi yang tidak baik hingga yang paling parah adalah tidak membuat dekorasi, tidak mengirimkan makanan dan lain sebagainya.

Baca Juga : 5 Ciri Teman Toxic

Agar tidak tertipu oleh jasa WO ‘abal-abal’, R Puthut Sigit W, Sekretaris Umum Himpunan Perusahaan Penata Acara Pernikahan Indonesia memberikan tips.

Pertama, hati-hati dalam memilih perusahaan penyedia jasa WO dengan cara mengecek badan hukumnya apakah WO tersebut mengantongi badan hukum (ijin resmi) atau hanya WO dadakan.

Kedua, mintalah nomor kontak penyedia jasa lain yang menjadi vendor atau rekanan WO tersebut. Misal jasa rias, jasa dekorasi, jasa dokumentasi hingga jasa catering. Hubungi satu persatu untuk meyakinkan bahwa benar mereka merupakan vendor jasa WO yang kita sewa dan berjanji memenuhi permintaan kita sesuai order.

Ketiga, hitung harga jasa yang dijanjikan, termasuk harga makanan dan menunya. Jika tidak masuk akal, bisa jadi vendor yang dipakai merupakan penyedia jasa yang abal-abal.

Keempat, cek keanggotaan dari WO tersebut. Penyewa juga bisa mengecek keanggotaan vendor yang tergabung dalam WO tersebut. Misalnya apakah penyedia catering sudah tercatat dalam keanggotaan PPJI. Keanggotaan ini penting untuk memastikan jaminan rasa makanan, kualitas hingga pelayanan yang profesional.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pengantin wedding organizer
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top