Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Untung Investasi Sneakers Melebihi Emas

Rasa nyaman membuat para pecinta sneakers, menjadikan alas kaki ini untuk dikoleksi lebih banyak. Ada juga yang menjadikan sneakers sebagai alat investasi.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 24 Februari 2020  |  19:17 WIB
Sneakers lokal, dari Saint Barkley, Pijak Bumi, dan Nah Projects - Bisnis/repro
Sneakers lokal, dari Saint Barkley, Pijak Bumi, dan Nah Projects - Bisnis/repro

Bisnis.com, JAKARTA - Para pecinta sneakers perlu menyadari selain sebagai hobi dan penggunaan sehari-hari, sneakers berpeluang menjadi salah satu investasi menguntungkan dibandingkan emas.

Berdasarkan riset dari MyVoucherCodes, salah satu situs kupon diskon di Inggris menyatakan, kolektor sneakers bisa meraup keuntungan dari koleksi mereka. Pasalnya, sneakers bisa memiliki harga lebih tinggi dibandingkan emas. MyVoucherCodes menganalisa dari 50 pasang sneakers yang dirilis selama satu tahun terakhir pada 2018.

Hasilnya, sejumlah sneakers tercatat bisa lebih mahal 60 kali lipat dari harga sebelumnya. Salah satu yang mengalami kenaikan harga adalah sneakers Nike SB Dunk Low Reese Forbes Denims. Saat pertama kali diluncurkan pada 2002 harganya US$65 atau sekitar R0900 ribu, dan kini harganya mencapai US$4.000 atau sekitar Rp56 juta.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Bisnis.com, Senin (24/2/2020), salah satu kolektor dan investor sneakers adalah Rayi Putra, vokalis grup RAN. Dilansir dari akun Instagramnya @rayiputra26, Rayi kerap mengunggah foto bersama sejumlah sneakers favoritnya. Pada 25 Januari 2020 misalnya, Rayi mengunggah foto bersama dengan sneakers Air Jordan 1 Black Satin.

Pemilik akun Instagram @rayiputra26 memamerkan Air Jordan 11 Bred berwarna hijau putih./Instagram

Pada akhir 2019, Rayi juga mengunggah 3 besar sneakers favorit yakni; Air Jordan 11 Bred berwarna hijau-putih, Nike Dunk Off White, dan Travis Scott AF1s. Berkat hobinya, Rayi berhasil menjual salah satu sneakersnya, dengan merk Nike Air Yezzy dengan harga beli Rp3 juta, dan dijual oleh Rayi seharga Rp12 juta. Maklum saja, merk sepatu Kanye West dari Nike ini terbilang langka setelah akhirnya berganti kerjasama dengan Adidas.

Berkaca dari kesuksesan Rayi, maka salah satu cara termudah untuk menjadikan sneakers sebagai investasi diawali dengan kejelian dalam memilih sneakers. Berdasarkan sejumlah data yang dihimpun Bisnis, ada sejumlah tips penting dalam memilih sneakers untuk Anda yang juga mulai ingin berinvestasi sepatu sporty ini.

1. Tentukan pilihan sesuai selera

Jenis sneakers di pasaran sangat beragam. Alhasil, Anda bisa galau dalam memilih tipe sneakers yang mau dibeli. Meski demikian, Anda perlu cerdik dalam mengambil keputusan jenis sneakers yang mau dipakai nantinya. Anda bisa mulai menyeleksi pilihan dari jenis brand dan harga berdasarkan selera, kemampuan finansial Anda, dan review dari masyarakat.

2. Pilihlah sneakers yang unik dan langka di pasaran

Melonjaknya harga sneakers di pasaran sangat terkait dengan kelangkaan sneakers tersebut di pasaran. Oleh sebab itu, saat Anda membeli sneakers, akan lebih baik jika Anda memilih jenis yang limited edition alias langka di pasaran. Dengan demikian, dalam beberapa tahun ke depan sneakers Anda akan mengalami kenaikan harga.

3. Tentukan kegiatan yang bakalan kamu kerjakan dengan sneakersmu

Sebagai bahan investasi, Anda perlu memelihara sneakers dengan baik. Oleh sebab itu, Anda perlu membuat perencanaan dan pemilihan kapan saja waktu yang tepat untuk menggunakan sneakers tersebut. Langkah ini diyakini bisa mengurangi potensi kerusakan sneakers. Sehingga sneakersmu tetap awet.

Demikian tiga tips sederhana menjaga sneakers tetap dalam keadaan tetap sempurna. Sehingga, koleksi sneakersmu juga bisa memberikan keuntungan dan mempertebal lagi kantong Anda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sepatu Sneakers
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top