Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

3 Penyebab Generasi Milenial Tak Bisa Menabung

Generasi milenial memiliki sifat mudah bosan. Kondisi ini yang membuat generasi milenial sulit menabung dan berinvestasi.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 24 Februari 2020  |  17:50 WIB
Kaum milenial - Istimewa
Kaum milenial - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Milenial adalah generasi yang dianggap paling sulit untuk menabung. Pernyataan tersebut berdasarkan penelitian yang dilakukan kepada kalangan milenial.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh perusahaan Luno dan Dalia Research kepada 7.000 responden dengan rentan usia 23-28 tahun, maka diperoleh hasil sebanyak 69 persen diantaranya tidak menabung bahkan berinvestasi.

Ada tiga penyebab generasi milenial tidak suka berinvestasi. Independent financial planner dari Financialku.com, Shierly menjelaskan tiga alasan tersebut yakni:

1. Salah satu sifat milenial adalah gampang bosan dengan barang yang baru dibeli. Gaya hidup generasi milenial adalah mementingkan kebutuhan sekunder.

Biasanya, generasi milenial cenderung lihat handphone keluaran baru. Bila menemukan smartphone terbaru, amak bosan dengan yang telah dimiliki, dengan kata lain mau ganti. Hal ini yang membuat uang mereka terus terpakai dan belum sempat disimpan.

2. Mudahnya bertransaksi non-cash. Pada zaman dulu, orang tidak bisa melakukan apapun bila tak membawa dompet atau uang. Paling tidak, cara yang dilakukan adalah mencari pinjaman kepada teman.

Namun, pada zaman sekarang ini, orang-orang tak khawatir bila tak membawa smartphone. Sebab, transaksi kini bisa dilakukan dengan dompet digital. Kemudahan transaksi non-tunai membuat milenial mudah mengeluarkan uang dari rekeningnya.

3. Prinsip hidup hanya sekali. Prinsip YOLO atau you only life one atau hidup hanya sekali membuat generasi milenial lebih suka menikmati hidup daripada menabung dan membeli aset.

Prinsip YOLO ini membuat generasi milenial lebih suka mencari pengalaman baru, seperti melakukan perjalanan hingga mencoba hal-hal baru yang menyenangkan. Kini, banyak pemuda-pemudi yang lebih menyukai kesenangan sesaat dan tak memiliki warisan yang bisa diberikan untuk keturunannya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

generasi milenial rumah milenial

Sumber : Tempo.co

Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top