Anak Sakit/boldsky.com
Health

Ini Bagian Tubuh Anak yang Mudah Terpapar Virus

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 27 Februari 2020 - 15:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA  - Dokter Spesialis Anak, Dr. dr. Nastiti Kaswandani, Sp.A (K) menjelaskan, “Saluran pernapasan bagian atas, terutama pada anak merupakan organ tubuh yang paling mudah terpapar virus, seperti influenza.

Dibandingkan orang dewasa, anak kecil lebih mudah terserang virus karena sistem kekebalan tubuhnya yang belum sempurna. Orang tua harus menjaga saluran pernapasan atas anak agar tidak mudah tertular selesma atau common cold.

"Seringkali anak mendapatkan pengobatan antibiotik yang tidak perlu karena gejala selesma, padahal selesma dapat sembuh dengan sendirinya," ujarnya di Jakarta.

Riset menunjukkan Iota Carrageenan memberikan benefit terhadap infeksi virus saluran pernapasan dengan cara mengikat dan menjebak virus di dalam rongga hidung, sehingga virus tidak dapat melekat pada mukosa dan bermultiplikasi.

Studi menunjukkan Iota Carrageenan dapat mengurangi jumlah virus, durasi gejala, dan kekambuhan sehingga dapat digunakan sebagai alternatif menghadapi infeksi virus flu atau penyebab selesma lainnya.

Country Manager Mundipharma Indonesia, Mada Shinta Dewi mengatakan agar tidak mudah terserang virus, masyarakat harus selalu menjaga kebersihan diri, seperti anjuran dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Educator & Trainer Mundipharma Indonesia, dr. Mery Sulastri mengatakan, menjaga kebersihan diri dapat dimulai dengan hal yang paling mendasar, yaitu mandi dan cuci tangan secara teratur dengan menggunakan sabun antibakterial.

Sebaiknya, katanya, gunakan sabun antibakterial yang mengandung bahan alami seperti lidah buaya, madu manuka, pomegranate dan vitamin E yang tidak hanya berfungsi membunuh bakteri jahat, namun juga membantu memelihara kelembaban kulit.

Sementara itu bagi para wanita, penggunaan sabun untuk membersihkan area kewanitaan dinilai tidak tepat. Oleh karena itu, disarankan menggunakan pembersih khusus area kewanitaan, untuk mencegah untuk mencegah masalah di area kewanitaan seperti gatal-gatal, bau tidak sedap dan keputihan.

"Pembersih area kewanitaan yang direkomendasikan bukan hanya yang mengandung pH seimbang, namun juga yang dapat menutrisi flora normal sehingga memberikan perlindungan dengan maksimal.” ujarnya dalam peluncuran produk Betadine® Feminine Care dan Protective Care Category.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro