Penumpang kereta commuter line (KRL) menggunakan masker saat berada di Stasiun Sudirman, Jakarta, Selasa (3/3/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha
Health

Begini 6 Arahan dari Ahli Kesehatan Masyarakat untuk Cegah Virus Corona

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Rabu, 4 Maret 2020 - 06:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pengurus Pusat Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) merumuskan 6 arahan untuk masyarakat dan stakeholder dalam mencegah penyebaran corona virus, Covid-19.

 Dalam konferensi pers, Senin (3/3/2020), Ketua Umum IAKMI, Ede Surya Dharmawan menyatakan, munculnya kasus positif infeksi Covid-19 pada dua warga negara Indonesia (WNI) membuat banyak kecemasan dan kepanikan berlebihan di masyarakat. Oleh sebab itu, PP IAKMI merumuskan enam langkah strategis yang perlu dikerjakan dalam waktu cepat guna mencegah penyebaran virus lebih luas.

 Pertama, PP IAKMI akan membantu pemerintah secara aktif dengan ikut memberikan informasi terkini, tentang potensi risiko apabila ditemukan tempat-tempat baru yang perlu dihindari dan/atau informasi baru yang perlu diketahui oleh masyarakat.

Kedua, PP IAKMI mengimbau kepada masyarakat juga untuk jangan bepergian ke lokasi-lokasi yang sudah dinyatakan sebagai tempat yang terjangkiti.

Ketiga, PP IAKMI juga menghimbau kepada masyarakat agar menghindari sementara dimana banyak orang berkerumun seperti pusat perbelanjaan atau tempat umum lainnya.

Keempat, PP IAKMI juga akan membantu pemerintah menginformasikan Standar operasional prosedur (SOP) bagi masyarakat yang merasakan kondisi gejala Covid-19 ataupun melihat seseorang yang memiliki gejala Covid-19 agar langsung menghubungi nomor telepon 112 atau 119.

"Analisa diagnosa akan dilakukan secara jarak jauh melalui telepon dan konfirmasi gejala akan dilakukan dengan didatangi langsung ke kediaman (tempat) orang tersebut,” ujar Ede.

Kelima, PP IAKMI mengimbau masyarakat untuk tidak ikut panic buying atau pembelian secara berlebihan,  dalam memenuhi kebutuhan sehari hari utamanya terkait konsumsi pangan.

Keenam, PP IAKMI menganjurkan untuk secara aktif bagi masyarakat agar selalu cuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun setiap habis melakukan aktivitas.

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro