Gerbang pintu masuk Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso di Sunter Jakarta Utara. Foto: Google Streets, April 2019
Health

8 Rumah Sakit di Jakarta dan Tangerang jadi Rujukan Pasien Virus Corona

Newswire
Kamis, 5 Maret 2020 - 06:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah mengumumkan ada 8 RS di Jakarta dan Tangerang yang menjadi rujukan pasoen suspek Virus Corona.

Juru bicara (Jubir) pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan rumah sakit rujukan itu adalah RSPI Sulianti Saroso, RSUP Persahabatan, RSPAD Gatot Soebroto, RS Polri, RS Mintohardjo, RSUP Fatmawati, RSUD Pasar Minggu, dan RSUD Tangerang.

"Kemudian beberapa rumah sakit swasta juga berkontribusi tetapi mereka mengatakan tidak usah dimasukkan ke sistem tapi kalau sudah penuh semua akan kami terima. Tapi mereka memiliki kemampuan untuk itu," katanya dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu seperti dikutip dari Antara.

RSPI Sulianti Saroso, RSPAD Gatot Soebroto, dan RSUP Persahabatan merupakan rujukan nasional karena memiliki standar kemampuan alat dan sarana prasarana yang maksimal.

Tidak hanya itu, ketiga rumah sakit itu mampu juga membantu rumah sakit yang ada dibawahnya atau observasi di tempat lain tanpa mengurangi kapasitas layanan di masing-masing rumah sakit tersebut.

RSPI Sulianti Saroso sudah mengirim satu tim untuk membantu observasi 188 warga negara Indonesia dari kapal pesiar World Dream dan RSUP Persahabatan juga memiliki tim untuk mendukung observasi COVID-19.

"Bukan berarti semua pasien harus dibawa ke Jakarta. Beberapa daerah memiliki kemampuan maksimal tapi tidak mungkin dikeluarkan (untuk membantu) karena kalau dikeluarkan rumah sakitnya berhenti," terang Yuri.

Dia mencontohkan bagaimana spesialis paru di rumah sakit daerah tidak mungkin dikirim ke tempat lain karena daerah itu akan kekurangan spesialis penyakit tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro