Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Cara Mendidik Anak agar Tak Jadi Korban Pelecehan Seksual

Ada beberapa cara yang bisa diberitahukan kepada anak-anak agar terhindar dari pelecehan seksual.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 10 Maret 2020  |  19:10 WIB
Ilustrasi ibu dan anak remaja - istimewa
Ilustrasi ibu dan anak remaja - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Viralnya video pelecehan seksual terhadap seorang siswi SMA di media sosial membuat khawatir para orang tua, pasalnya pelecehan seksual bisa terjadi dimana saja dan kapan saja.

Menurut Komnas Perempuan, pada data kekerasan terhadap perempuan tahun 2019 terdapat 431.471 kasus kekerasan terhadap perempuan yang dilaporkan dan ditangani. Angka ini naik dari tahun sebelumnya yang berjumlah 406.178.

Dari 14.719 kasus kekerasan terhadap perempuan yang bersumber dari lembaga layanan, sebanyak 11.105 kasus (75,4 persen terjadi di ranah personal, 3.602 kasus (24,4 persen) terjadi di ranah komunitas, dan 12 kasus (0,08 persen) di ranah negara.

Dari 3.062 kasus kekerasan terhadap perempuan di ranah komunitas, sebanyak 2.091 adalah kasus kekerasan seksual. Perkosaan, dan pencabulan merupakan dua bentuk kasus kekerasan seksual tertinggi di ranah komunitas

Psikolog yang akrab disapa Bunda Romi mengatakan bahwa ada beberapa cara yang bisa diberitahukan kepada anak-anak agar terhindar dari pelecehan seksual.

"Saya lihatnya pertama, anak anak harus tau tentang pendidikan seks, dia tahu anggota tubuh mana yang boleh diraba atau tidak diraba orang. Lalu, kedua harus berani mengatakan yg sebenarnya terlepas dari itu yang melakukan orang terdekat. Karena biasanya pelecehan yang melakukan orang-orang terdekat," ujarnya kepada Bisnis, Selasa (10/3/2020).

Ia menambahkan, anak-anak harus diajarkan untuk berani menolak permintaan orang atau harus berani melaporkan. Rasa takut yang dihadapi anak sebetulnya bisa dikurangi dengan membantu anak untuk punya kepercayaan diri.

"Nah, percaya diri itu kemudian dia bisa mengatakan secara asertif, menyatakan perasaan dan pikiran, keinginannya," ujarnya.

Sebagai informasi, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPPA), Bintang Puspayoga mengimbau agar masyarakat tidak segan untuk melaporkan langsung segala bentuk kekerasan terhadap anak kepada Kemen PPPA melalui pengaduan masyarakat Kemen PPPA ke nomor HP 082125751234 dan akun sosial media Kemen PPPA.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pelecehan Seksual Bullying Kejahatan Seksual Pada Anak
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top