Tips Aman Naik Ojol saat Pandemi Virus Corona

Di tengah pandemi virus corona, banyak orang khawatir akan terjangkit virus ini ketika naik transportasi online.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 23 Maret 2020  |  07:45 WIB
Tips Aman Naik Ojol saat Pandemi Virus Corona
Gerai helm - Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Keberadaan transportasi online sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat perkotaan terutama di Jakarta.

Di tengah pandemi virus corona, banyak orang khawatir akan terjangkit virus ini ketika naik transportasi online.

Jika memang keadaan sangat mendesak dan mengharuskan pengguna untuk menggunakan jasa layanan transportasi ini, ada baiknya penumpang juga turut menjaga kebersihan dan kesehatan menyusul langkah para pelaku industri ini.

Salah satu cara yang direkomendasikan oleh Ketua Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) DKI Jakarta, dr. Koesmedi Priharto, ialah membawa dan memakai helm milik sendiri alih-alih milik pengemudi ojek.

"Kalau bisa pakai helm sendiri mungkin lebih baik. (Penutup kepala untuk helm) tidak menjanjikan (bisa melindungi dari paparan virus), karena jarak satu meter dua meter jadi masalah," kata dia Jakarta, beberapa waktu lalu.

Koesmedi mengatakan, sebenarnya risiko sebagai penumpang terinfeksi virus tinggi jika pengemudi ternyata positif virus termasuk COVID-19.

Di samping itu, Ketua PERSI dr. Kuntjoro AP juga menghimbau masyarakat tak perlu panik menghadapi COVID-19 yang sudah menjadi pandemik menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) sejak Rabu (11/3), demi menghindari munculnya hal buruk yang baru.

Koesmedi menambahkan, sekedar mengingatkan cara menutup bersin dan batuk dengan benar, penggunaan masker untuk mereka yang sakit juga penting demi mencegah infeksi COVID-19 semakin meluas.

Perusahaan daring transportasi juga sudah menyiapkan sejumlah antisipasi pada pengemudinya. Mulai dari masker, hand sanitizer hingga memantau kondisi masing-masing mitra pengemudinya 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Virus Corona

Sumber : Antara

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top