Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Putus Mata Rantai Corona, Silakan Coba Aplikasi PeduliLindungi

Memutus mata rantai penyebaran virus Corona menjadi hal penting untuk menghadapi wabah yang terjadi di Indonesia. Aplikasi pedulilindungi menawarkan Anda turut serta di dalamnya.
Saeno
Saeno - Bisnis.com 29 Maret 2020  |  10:33 WIB
Sel virus corona - istimewa
Sel virus corona - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Memutus mata rantai penyebaran virus Corona menjadi hal penting untuk menghadapi wabah yang terjadi di Indonesia. Aplikasi pedulilindungi menawarkan Anda turut serta di dalamnya.

Dikutip dari situs www.pedulilindungi.id, disebutkan jika Anda pernah berada di tempat yang dekat dengan kasus Covid-19 positif, baik Anda tahu ataupun tidak tahu orangnya, PeduliLindungi membantu petugas kesehatan untuk menghubungi Anda lebih cepat.

"Dengan begitu, lebih cepat juga menghentikan penularan Covid-19, sehingga kita bisa melindungi orang-orang yang tercinta di sekitar kita," ujar keterangan di situs tersebut.

Disebutkan bahwa PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan untuk menghentikan penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19). "Aplikasi ini melindungi diri Anda, keluarga Anda, dan orang terdekat lainnya, serta menghentikan penyebaran Covid-19 dengan mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita Covid-19 dapat dilakukan," tambah keterangan pihak AplikasiPeduli.

Bagaimana PeduliLindungi bekerja?

Disebutkan bahwa PeduliLindungi menggunakan data yang diproduksi gadget pengguna dengan bluetooth aktif untuk merekam informasi yang dibutuhkan.

"Ketika ada gadget lain dalam radius bluetooth yang juga terdaftar di PeduliLindungi, akan terjadi pertukaran id anonim yang akan direkam oleh gadget masing-masing," demikian disebut situs pedulilindungi.

Selanjutnya, aplikasi PeduliLindungi akan mengidentifikasi orang- orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif Covid-19 atau PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan ODP (Orang Dalam Pengawasan).

Hal itu diyakini akan sangat membantu ketika orang tersebut tidak dapat mengingat riwayat perjalanan dan dengan siapa saja melakukan kontak.

Terkait kerahasiaan data, PeduliLindungi mengklaim sangat melindungi masalah tersebut.

Disebutkan bahwa data disimpan secara aman dalam format terenkripsi dan tidak akan dibagikan kepada orang lain.

"Data Anda hanya akan diakses bila Anda dalam risiko tertular COVID-19 dan perlu segera dihubungi oleh petugas kesehatan," ujar keterangan di www.pedulilindungi.id.

Berikut cara mengunduh aplikasi tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona

Sumber : pedulilindungi.id

Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top