Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Cemas Saat Lockdown? Ini 8 Kegiatan Positif Untukmu Selama di Rumah

Pembatasan sosial yang dilakukan selama dua pekan belum efektif sehingga wacana lockdown menjadi opsi yang mungkin akan diambil pemerintah dalam waktu dekat.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 30 Maret 2020  |  12:46 WIB
Memasak bersama - Istimewa
Memasak bersama - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pembatasan sosial yang dilakukan selama dua pekan belum efektif sehingga wacana lockdown menjadi opsi yang mungkin akan diambil pemerintah dalam waktu dekat.

Lockdown kerap menimbulkan kecemasan sosial misalnya dengan panic buying. Belum lagi adanya kebosanan dan stres yang menerpa Anda selama karantina dalam rumah.

Dikutip dari Konsorsium Psikologi Ilmiah Nusantara yang ditulis oleh Sherly, dari Universitas Bunda Mulia menyatakan adanya dampak negatif yang mungkin dapat terjadi apabila “social distance” dilakukan terus menerus. Beberapa dampak yakni memicu stress pada diri sendiri, membuat diri merasa terisolasi dari lingkungan sosial, merasa kesepian, atau bahkan kehilangan motivasi bekerja. Oleh sebab itu itu, penting bagi Anda untuk mencari aktivitas positif yang dapat kita terapkan meskipun dalam situasi ”stay at home” atau “social distancing”.

“Kita tetap dapat memonitor diri untuk tetap produktif saat harus bekerja di rumah, dan dapat memanfaatkan waktu selebihnya untuk melakukan aktivitas atau hal positif lainnya yang mungkin selama ini jarang dapat diterapkan, seperti quality time bersama keluarga di rumah,” terang Sherly dikutip Senin, (30/3/2020).

Bagi masyarakat Indonesia yang mungkin selama ini padat oleh aktivitas dan pekerjaan hingga sedikit untuk memiliki quality time bersama keluarga, maka inilah saatnya momen itu dapat diterapkan.

Dalam keluarga, quality time merupakan salah satu aktivitas yang juga penting dilakukan dan akan memberikan manfaat-manfaat positif, antara lain mendekatkan anggota keluarga, meningkatkan kehangatan serta keharmonisan keluarga, mengurangi rasa stress, meningkatkan semangat, serta rasa kasih sayang yang juga semakin kuat antar anggota keluarga.

Sherly menjelaskan dengan membuat momen quality time yang menyenangkan tak harus dilakukan di luar rumah. Berikut terdapat beberapa ide untuk menciptakan aktivitas quality time yang menyenangkan bersama keluarga di rumah.

1. Memasak bersama

Tidak perlu memasak sesuatu yang rumit. Beberapa ide yang bisa anda lakukan misalnya membuat kue kering atau masakan sederhana untuk dijadikan camilan pun akan terasa menyenangkan.

2. Olahraga bersama

Olahraga di rumah dapat dilakukan dengan sekedar jalan pagi, jogging, atau senam di area rumahmu.

3. Mengerjakan pekerjaan rumah

Cara ini bukan hanya bisa menjadi alternatif menghabiskan waktu bersama menjadi lebih menyenangkan, tetapi juga mengajarkan anak-anak Anda untuk belajar bertanggung jawab.

4. Membuat karya seni bersama, seperti melukis dan bermain cat air bersama.

Cara ini sekaligus dapat mengasah kreativitas anak. Sebelum memulai aktivitas ini, alasi lantai atau meja dengan kertas atau koran bekas. Lalu letakkan media yang akan digunakan oleh anak untuk bermain cat air dan rekatkan dengan selotip atau lakban.

5. Menonton film bersama

Film bisa menjadi alternatif terbaik untuk mempererat hubungan dengan anggota keluarga. Cobalah untuk memilih beberapa film bersama dan bangunlah diskusi dari tontonan tersebut.

6. Membaca buku bersama

Cara ini tidak hanya akan membantu kemampuan membaca, pemahaman dan kosakata, melainkan untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak-anak. Anda juga dapat mengajak anak untuk belajar mengutarakan pendapat mereka setelah membaca buku.

7. Bermain games bersama

Salah satu bentuknya bisa melalui memainkan suatu games yang bisa dimainkan oleh banyak orang. Misalnya board games seperti monopoly, bananagrams, UNO, hingga scrabble. Jangan lupa untuk abadikan momen-momen sewaktu bermain, untuk menambah keseruan sekaligus jadi kenang-kenangan suatu hari nanti.

8. Bercerita bersama

Bercerita bersama merupakan aktivitas yang baik untuk membangun intimasi dan keterbukaan antaranggota keluarga. Antara orang tua dan anak dapat saling berbagi kisah dan pengalaman masing-masing. Orang tua juga dapat menceritakan tentang silsilah keluarga atau berbagi pengalaman masa muda mereka pada anak-anak. Selain menguatkan keintiman dan keterbukaan antaranggota, masing-masing juga dapat memetik suatu pelajaran yang berharga dari pengalaman yang dibagikan

Dengan mempertahakan produktivitas dan menciptakan aktivitas positif, Sherly yakin hal ini akan bermanfaat selama masa karantina. Sehingga kesehatan mental pun lebih dapat terjaga dan tidak rentan untuk terserang stres.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

inspirasi Lockdown
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top