Garam/Urbancultivator
Fashion

Waspada, Kebanyakan Konsumsi Garam Turunkan Imunitas Tubuh

Newswire
Senin, 30 Maret 2020 - 15:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mengonsumsi terlalu banyak garam dalam makanan bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda sehingga menyulitkan melawakan infeksi penyakit terutama akibat bakteri, menurut sebuah studi dalam jurnal Science Translational Medicine.

Untuk penelitian ini, para peneliti dari University Hospital of Bonn menjadikan tikus dan manusia sebagai subjek studi. Peneliti memberi makan makanan tinggi garam kepada tikus dan mendapati mereka menderita infeksi bakteri yang parah.

Mereka juga memberi enam gram garam setiap hari - setara dengan garam dalam dua porsi makanan cepat saji. Hasilnya, para partisipan mengalami defisiensi imun.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), orang-orang tidak boleh mengonsumsi lebih dari 0,17 ons garam per hari, atau kira-kira sekitar satu sendok teh.

Penulis utama studi, seperti dilansir Indian Express, Dr Katarzyna Jobin dari Universitas Würzburg mengatakan tubuh menjaga konsentrasi garam dalam darah dan berbagai organ konstan.

Garam yang dikonsumsi bersama makanan disaring oleh ginjal dan diekskresikan melalui urin. Di dalam ginjal ada sensor yang membantu ekskresi garam.

Sensor ini menyebabkan glukokortikoid menumpuk di dalam tubuh, lalu membatasi fungsi jenis sel imun umum dalam tubuh.

Christian Kurts dari University of Bonn menuturkan, studi baru ini membuktikan konsumsi garam yang berlebihan melemahkan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro