Aplikasi 10rumah aman
Health

KSP dan Kominfo Luncurkan Aplikasi Cek Mandiri dan Hindari Virus Corona

Krizia Putri Kinanti
Selasa, 31 Maret 2020 - 15:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hari ini Aplikasi 10RumahAman resmi diluncurkan Kantor Staf Presiden (KSP) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Aplikasi ini diharapkan mampu menciptakan efek berantai memutuskan penyebaran Covid-19.

Aplikasi 10RumahAman menggunakan teknologi artificial intelegence (AI) yang menghubungkan data berbasis peta dan lingkungan sekitar melalui perangkat telepon seluler dan bisa terhubung dengan platform media sosial.

Gupta Sitorus CEO & Partner DISRUPTO menuturkan bahwa Aplikasi 10RumahAman mengoptimalkan teknologi Artificial Intelligence untuk membantu masyarakat memeriksa secara mandiri dengan menggunakan alat diagnosa yang berbasis AI dan melihat peta untuk menghindar dari terpapar Covid-19.

"Lima fitur yang bisa dimanfaatkan pengguna aplikasi 10Rumah Aman antara lain pengukuran suhu berkala, berbagi masakan/makanan, inspirasi hidup sehat, periksa mandiri dan update peta sebaran individu berdasarkan suhu tubuh normal atau di atas normal. Aplikasi

10RumahAman juga menyediakan informasi terbarukan setiap saat agar setiap orang merasa nyaman ketika berada #dirumahaja. Dengan menghadirkan toko daring yang menjual kebutuhan sehari-hari dengan harga resmi tanpa ada permainan harga, misalnya obat-obatan atau alat-alat kesehatan dari Kimia Farma, Mediv-Kimia Farma, Alfa Group, Alfamind, DAV, Prima Freshmart, Sayur Box, TaniHub dan Rego Pantes dari 8Villages," ujarnya melalui siaran resmi yang diterima Bisnis, Selasa (31/3/2020).

Aplikasi 10RumahAman merupakan kolaborasi perusahaan anak negeri dari beragam sektor yaitu WIR Group (perusahaan teknologi yang berfokus pada AR, VR dan AI), COMPRO, PRIXA, DISRUPTO serta perusahaan komunikasi dan konten anak negeri, Kennedy Voice Berliner (KVB).

Berikut 10 Langkah penggunaan 10 Rumah Aman:

1. Download apps di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.sepuluh.rumahaman&hl=en

2. Cek dan pantau suhu kita dan penghuni rumah kita setiap hari, serta memperbarui hasilnya di aplikasi.

3. Lakukan pemeriksaan mandiri dengan menggunakan alat diagnosis berbasis Artificial Intelligence (AI) yang terintegrasi dalam aplikasi. Selanjutnya menghubungi pusat kesehatan terdekat melalui telepon atau aplikasi pesan instan jika mengalami batuk kering dan suhu di atas 37,5 derajat Celcius atau gejala lainnya.

4. Bagikan aplikasi ini ke 10 orang untuk melindungi keluarga/sahabat/tetangga terdekat kita supaya bersama mengingatkan tetangga sekitar tentang keadaan dan kesehatan melalui telepon atau aplikasi pesan instan, sehingga beberapa rumah tangga selalu terpantau keadaan kesehatannya.

5. Menerapkan gaya hidup sehat. Selalu mencuci tangan dengan sabun atau cairan pembersih tangan berbahan alkohol, menjaga jarak aman ketika bertemu orang lain dan membagikan perilaku itu di aplikasi 10 Rumah Aman.

6. Memasak sendiri makanan kita untuk menjaga kebersihan makanan, dan makan di rumah.

7. Membagikan hasil masakan ke tetangga atau masyarakat sekitar yang kurang beruntung agar mereka tetap di rumah sambil menjaga jarak aman (social/physical distancing).

8. Melihat dan memantau peta persebaran setiap individu yang memiliki suhu normal atau suhu di atas normal lewat fitur dalam aplikasi. Selain itu membantu memantau individu yang telah melakukan isolasi mandiri dan dalam perawatan agar terhindar dari paparan Covid-19.

9. Membeli barang-barang keperluan kesehatan, keseharian, bahan makanan dan lainnya lewat situs online atau lewat situs yang terdaftar di Perlengkapan Aman untuk mencegah keluar rumah.

10. Tetap positif ketika #dirumahaja dalam menghadapi pandemi, mengisi waktu luang dengan kegiatan yang produktif #bekerjadarirumah #belajardarirumah dan lain-lain karya kreatif. Pelajari lokasi pusat kesehatan terdekat dan informasi akurat lain terkait Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro