Ilustrasi/cvgwebdesign
Fashion

Tips Work From Home dari Google

Akbar Evandio
Selasa, 31 Maret 2020 - 21:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Untuk menjadi produktif pada masa work from home (WFH) dibutuhkan strategi dalam menggunakan waktu yang seefisien mungkin.

Executive Productivity Advisor Google Laura Mae Martin memberikan saran kepada setiap orang yang melakukan WFH, agar mempelajari rutinitas baru. Mengutip keterangan resmi, Selasa (31/3/2020), Laura menyampaikan 9 tips produktivitas:

1. Tentukan lokasi bekerja

Anda bisa menggunakan komputer di meja dapur atau bekerja sambil duduk di sofa. Namun, ruangan, lokasi, meja, atau kursi yang konsisten yang Anda “gunakan” setiap hari untuk bekerja membantu otak Anda mengaitkan lokasi tersebut (bau, pandangan, dan suara) dengan penyelesaian pekerjaan.

Letakkan beberapa barang yang biasanya Anda miliki di meja kerja, seperti foto teman atau keluarga. Gunakan mouse pad yang Anda sukai. Buat persediaan makanan ringan favorit Anda di rak kecil.

Tentukan area yang tidak Anda gunakan untuk bekerja. Contohnya, jangan gunakan komputer di lantai atas atau kamar Anda. Hal ini membantu menciptakan jarak mental sehingga Anda bisa merasa selalu rileks meskipun Anda bekerja di rumah.

2. Gunakan Hangouts Meet seperti seorang profesional

Anda mungkin akan menghabiskan lebih banyak waktu di video chat sehingga kurangi kualitas video ketika Anda mengalami perlambatan atau pembatasan bandwidth, melakukan video call tetapi dengarkan audio melalui ponsel, dan beri teks saat rapat untuk memastikan semua orang dapat mengikutinya.

Jika Anda memerlukan interaksi manusia (virtual), siapkan video chat tanpa agenda dengan tim atau teman Anda di kantor. Ini bukanlah pertemuan yang sifatnya formal, tetapi hanya waktu untuk mengobrol dan menyapa satu sama lain.

3. Praktikkan satu tab saat bekerja.

Jika Anda tidak memiliki monitor yang besar di rumah atau penyiapan layar seperti di kantor, sangat penting untuk fokus pada satu tab Chrome dalam sekali waktu. Jika Anda melakukan video call dari laptop, perkecil semua tab lain dan fokuslah pada percakapan—sama seperti Anda harus meletakkan ponsel atau menutup laptop saat rapat agar tetap terlibat.

4. Lakukan rutinitas selayaknya Anda akan bekerja

Jangan langsung mulai bekerja di tempat tidur begitu Anda bangun. Itu tidak akan membantu otak Anda mendapatkan suasana hati untuk menjadi produktif.

Tetaplah pada rutinitas yang biasa Anda lakukan seperti bangun tidur, berpakaian, makan pagi, lalu berjalan ke ruang kerja baru Anda. Meski nyaman memakai piyama, kondisi tersebut akan mempersulit Anda dalam menyelesaikan pekerjaan.

5. Cari jadwal dan energi terbaik Anda

Kelebihan dari bekerja dari rumah? Tidak perlu melakukan perjalanan. Anggaplah ini sebagai waktu untuk bereksperimen dengan jadwal alternatif dan menemukan waktu biologis yang optimal.

Jika Anda adalah orang yang aktif di pagi hari, cobalah bangun dan mengerjakan sesuatu sebentar, lalu beristirahat sebelum siang.

Jika, Anda adalah orang yang aktif di malam hari dan lebih suka begadang, ubah jadwal Anda untuk menyelesaikan lebih banyak pekerjaan di sore hari saat Anda biasanya pulang kerja. Produktivitas bukan hanya soal apa yang Anda kerjakan, tetapi yang lebih penting adalah waktu Anda mengerjakannya.

6. Bekerja dari rumah bukan berarti bekerja seharian

Salah satu hal paling sulit saat bekerja dari rumah adalah menetapkan batasan. Letakkan komputer di ruang kerja dan hanya bekerja saat Anda berada di ruang itu. Tentukan waktu Anda selesai bekerja hari ini dengan menetapkan jam kerja terkait waktu kerja Anda. Istirahatkan pikiran Anda seperti yang Anda lakukan di kantor, berjalanlah keluar atau telepon teman.

7. Buat daftar tugas harian sehari sebelumnya

Salah satu cara untuk tetap dalam jalur dan menetapkan jadwal kerja di rumah adalah membuat daftar yang harus Anda lakukan dalam sehari.

Membuat template rencana harian dapat membantu untuk membuat rencana setiap jam terkait apa yang akan dilakukan. Jika mengisinya pada malam sebelumnya, Anda sudah tahu apa yang harus dilakukan pada hari itu.

8. Selesaikan satu hal yang ingin Anda lakukan

Bekerja di kantor bisa sangat menyita waktu dan jarang menyisakan waktu untuk sendiri atau waktu luang untuk menyelesaikan sesuatu

Bekerja dari rumah adalah kesempatan untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan yang harus Anda lakukan, seperti menyelesaikan pengeluaran, bertukar pikiran tentang proyek jangka panjang, atau membaca artikel yang Anda bookmark beberapa waktu yang lalu.

9. Pahami situasi Anda sendiri dan orang lain

Beberapa orang hanya memiliki satu kamar tipe studio dan menghabiskan sepanjang hari di sana. Ada juga orang memiliki pasangan yang bekerja dari rumah, anak-anak di rumah dan permasalah konektivitas mungkin lebih lambat. Namun, ingatlah bahwa setiap orang melakukan yang terbaik agar mereka bisa bekerja dari rumah dengan efektif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro