Diffuser adalah suatu perangkat yang menyebarkan sesuatu ke area yang luas./Tokopedia
Health

Cek Fakta: Apakah Dettol Bisa Untuk Diffuser?

Krizia Putri Kinanti
Selasa, 14 April 2020 - 15:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Viral di jagad maya seorang influencer membagikan tips cara membersihkan ruangan dari virus, bakteri, debu bahkan dari virus corona dengan menggunakan dettol sebagai diffuser. Apakah benar?

Dalam videonya, akun bernama @dindasafay mengatakan cara ini adalah ‘anti corona virus’ dengan langkah mencampurkan air steril seperti air mineral, tuang sedikit dettol, dikocok lalu tuangkan ke diffuser untuk menguapi ruangan.

Sontak hal ini menarik perhatian warganet yang bertanya-tanya kebenaran tentang hal ini, beberapa warganet juga langsung mencari-cari produk ini di pasaran.

Paul Hunter Profesor perlindungan kesehatan dan obat-obatan, mengatakan bahan aktif dalam produk asli Dettol adalah kloroksilenol. "Kloroksilenol beracun jika tertelan dan tidak boleh digunakan sebagai aerosol yang dapat dihirup orang. Apakah itu menawarkan keuntungan lebih dibandingkan mencuci dengan sabun dan air masih tidak jelas,” ujarnya dikutip dari Dailymail.co.uk.

Profesor Hunter memperingatkan agar tidak menggunakan Dettol untuk tujuan lain selain membersihkan. Selain itu, fenol kloroksilenol ini berbahaya untuk semua hewan tetapi terutama kucing, karena kucing tidak dapat menghilangkan racun setelah tertelan.

Bahkan, secara resmi Dettol mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya belum mengetahui apakah produknya bisa mencegah virus corona atau tidak.

"Reckitt Benckiser (RB) telah menyadari spekulasi tentang produk-produk Dettol dan novel coronavirus 2019-nCoV. Karena ini adalah wabah yang muncul, RB, seperti semua produsen, belum memiliki akses ke virus baru (2019- nCoV) untuk pengujian dan, sebagai hasilnya, belum dalam posisi untuk mengkonfirmasi tingkat efektifitas terhadap strain baru. "

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro