Ilustrasi batuk/istimewa
Health

Perjalanan Mematikan Covid-19 Selama 5 Bulan di Dunia

Krizia Putri Kinanti
Jumat, 17 April 2020 - 08:10
Bagikan

Bagaimana virus menyebar dan bagaimana pengaruhnya terhadap orang?

Partikel yang sarat virus dihirup oleh orang lain dan bersentuhan dengan sel-sel yang melapisi tenggorokan dan laring. Sel-sel ini memiliki sejumlah besar reseptor - yang dikenal sebagai reseptor Ace-2 - pada permukaannya. (Reseptor sel memainkan peran penting dalam memasukkan bahan kimia ke dalam sel dan memicu sinyal di antara sel.)

 "Virus ini memiliki protein permukaan yang siap untuk mengunci reseptor itu dan menyelipkan RNA ke dalam sel," kata ahli virologi Profesor Jonathan Ball dari Universitas Nottingham.

Begitu masuk, RNA memasukkan dirinya ke mesin replikasi sel sendiri dan membuat banyak salinan virus. Ini meledak keluar dari sel, dan infeksi menyebar. Antibodi yang dihasilkan oleh sistem kekebalan tubuh pada akhirnya menargetkan virus dan dalam banyak kasus menghentikan kemajuannya.

“Infeksi Covid-19 umumnya ringan, dan itu benar-benar rahasia kesuksesan virus,banyak orang bahkan tidak menyadari bahwa mereka terkena infeksi, jadi pergilah ke tempat kerja, rumah, dan supermarket mereka menginfeksi orang lain,” papar Ball.

Sebaliknya, Sars - yang juga disebabkan oleh coronavirus - membuat pasien jauh lebih sakit dan membunuh sekitar satu dari 10 yang terinfeksi. Dalam kebanyakan kasus, pasien-pasien ini dirawat di rumah sakit dan itu menghentikan mereka menginfeksi orang lain - dengan memutus rantai penularan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro