Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Eijkman Bikin Vaksin Virus Corona Untuk Indonesia

Pembuatan vaksin virus Corona (Covid-19) di Indonesia, kelak bisa mencegah penyebaran virus corona yang beredar di Tanah Air.
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 03 Mei 2020  |  16:12 WIB
Seorang peneliti bekerja di laboratorium pusat pencegahan dan pengendalian penyakit di Nanyang, Provinsi Henan, China tengah, pada 4 Februari 2020. - Antara/Xinhua
Seorang peneliti bekerja di laboratorium pusat pencegahan dan pengendalian penyakit di Nanyang, Provinsi Henan, China tengah, pada 4 Februari 2020. - Antara/Xinhua

Bisnis.com, JAKARTA - Untuk memutus mata rantai penularan virus corona (Covid-19) di Indonesia, Lembaga Biologi Molekuler Eijkman tengah mengembangkan vaksin.

Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro mengungkapkan bahwa pengembangan vaksin virus corona akan menggandeng Biofarma, LIPI dan IPB. Pengembangan ini, bisa menjadi alternatif untuk mempercepat kesembahuan pasien virus Corona.

"Mengenai vaksin, saat ini Eijkman melakukan holding sequencing untuk deteksi virus covid di Indonesia. Eijkman juga sedang berupaya memulai pembuatan vaksin yang waktunya tidak pendek," ungkapnya di Jakarta, Minggu (3/5/2020).

Bambang Brodjonegoro mengungkapkan vaksin yang dikembangkan di Indonesia, kelak bisa mencegah penyebaran virus corona yang beredar di Indonesia.

Dalam pemberitaan sebelumnya, Kepala Eijkman Amin Soebandrio mengatakan saat ini pihaknya tengah mengidentifikasi sejumlah bagian dari virus untuk kemudian membuat antigen.

“Tahapannya masih awal, kita sedang meneliti proses sequence dan sebagainya untuk kemudian membuat antigen dari Covid-19,” kata Amin melalui sambungan telepon kepada Bisnis.

Kendati demikian, ia enggan berkomentar lebih jauh ihwal perkembangan penelitian vaksin terkait Covid-19. Ia menyebutkan belum ada kemajuan signifikan yang dapat disampaikan kepada masyarakat.

Selain di Indonesia, kini dunia juga tengah memperhatikan pengembangan vaksin oleh Universitas Oxford yang diuji coba pertama kalinya ke manusia. Uji coba tersebut dilakukan terhadap dua sukarelawan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vaksin Virus Corona
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top