Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

10 Karakteristik Hubungan Sehat dan Bahagia

Bagi pasangan suami istri dan yang menjalin kisah asmara dengan kekasihnya, pasti pernah salah paham, tetapi eratkan hubungan tersebut dengan komunikasi yang baik.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 13 Mei 2020  |  12:02 WIB
Saat menjalin hubungan asmara, pasangan harus bisa saling menghargai, memprioritaskan dan terkoneksi - Greatist
Saat menjalin hubungan asmara, pasangan harus bisa saling menghargai, memprioritaskan dan terkoneksi - Greatist

Bisnis.com, JAKARTA - Menjalani hubungan selalu ada pasang surut dan itu wajar. Ada sesekali pasangan bertengkar dan saling mengacuhkan.

Namun jangan terlalu sering, tentu hal tersebut tidak baik bagi hubungan anda. Bisa jadi, hubungan tersebut malah menjadi racun dalam kehidupan anda.

Untuk membuat hubungan sehat dan bahagia, Anda perlu tahu tentang karakteristik tertentu berikut, dilansir dari Boldsky:

1. Selalu ada komunikasi yang efektif

Suatu hubungan tanpa komunikasi yang efektif akan sering menimbulkan kesalahpahaman. Ketika pasangan tidak saling berbagi pikiran atau membicarakan masalah, tantangan, dan memilah masalah, maka ini dapat menyebabkan konsekuensi yang parah. Hal ini dapat menyulut emosi dan menimbulkan pertengkaran yang tidak perlu.

2. Kepercayaan bentuk basis hubungan

Hubungan yang kuat dan sehat selalu berdiri di atas kepercayaan dan kejujuran. Ketika saling percaya, itu membantu untuk memperkuat hubungan dan menjaga dari masalah. Sekalinya tidak jujur dan tidak setia, akan menjadi malapetaka karena pasangan tidak akan mempercayai kembali untuk hal-hal kecil sekalipun.

3. Pasangan menghormati ruang pribadi

Ada saatnya pasangan membutuhkan ruang pribadi untuk melakukan hal-hal yang diinginkannya sendiri. Mengganggu ruang pribadinya menunjukkan bahwa tidak ada kepedulian dengan pasangan.

4. Saling memprioritaskan

Orang yang berbeda memiliki prioritas yang berbeda seperti seseorang dapat memberikan prioritas lebih untuk karir dan keluarga mereka. Tetapi pada akhirnya, Anda perlu memahami bahwa hubungan juga perlu diprioritaskan. Menghabiskan waktu yang berkualitas dengan pasangan setelah kesibukan dapat membantu hubungan lebih kuat dan sehat.

5. Pasangan punya kompatibilitas saling menguntungkan

Memiliki kesesuaian yang sama dalam suatu hubungan cukup penting untuk membuat hubungan menjadi sehat. Ketika saling berbagi kompatibilitas, Anda belajar untuk menerima pilihan dan preferensi mereka. Anda akhirnya menemukan kesamaan untuk berbagi pandangan dan pemikiran yang serupa. Namun, ketika Anda tidak memiliki kompatibilitas satu sama lain, hubungan mungkin melemah dan hancur seiring perjalanan waktu. Ini karena Anda mungkin tidak dapat menyesuaikan satu sama lain.

6. Berbagi keintiman emosional yang kuat

Banyak orang berpikir bahwa keintiman fisik lebih penting daripada keintiman emosional. Namun tahukah Anda keintiman emosional adalah salah satu faktor terpenting untuk hubungan yang sehat? Keintiman emosional adalah ruang di mana Anda dan pasangan dapat saling berbagi pikiran, pendapat, pandangan, dan masalah.

Anda dapat terhubung secara emosional dengan pasangan Anda dan membagikan apa yang ada di hati Anda. Ketika Anda terhubung secara emosional, ini dapat membantu hubungan lebih kuat dan lebih bahagia.

7. Tidak ada ruangan untuk menyalahkan

Kita adalah manusia dan sebagai manusia, kita sering melakukan kesalahan. Seseorang tidak bisa sempurna tetapi orang pasti bisa mengakui kesalahannya. Bertanggung jawab atas kesalahan tidak akan pernah menjadikan Anda sebagai manusia yang buruk. Menyalahkan pasangan untuk menjaga citra tetap bersih bukanlah hal yang baik untuk dilakukan. Sebagai pasangan, harus mencoba memilah masalah dengan bantuan pendekatan pemecahan masalah.

8. Pasangan benar-benar peduli satu sama lain

Sebagai pasangan, Anda harus mengurus kebutuhan masing-masing. Jika berpikir membawa hadiah dan bunga untuk pasangan cukup untuk memperkuat hubungan, maka Anda mungkin salah.

Sangat penting untuk merawat pasangan dan membuatnya merasa penting. Bahkan jika Anda cukup sibuk karena jadwal, Anda masih bisa bertanya kepada pasangan apakah dia punya makanan dan apakah dalam keadaan baik atau tidak.

9. Hubungan memiliki pengampunan dan kebaikan

Pengampunan sama pentingnya dengan menerima kesalahan dan meningkatkan diri. Jika pasangan meminta maaf atas kesalahannya, maka Anda harus meninggalkan dendam dan memaafkannya.

Berbaik hati terhadap pasangan, terutama ketika dia mengakui kesalahannya. Mungkin anda akan terluka karena perilaku dan kata-kata pasangan Anda tetapi apa gunanya tetap marah bahkan ketika pasangan dengan tulus mencari pengampunan.

10. Pasangan menghargai upaya satu sama lain

Ada kalanya Anda menganggap remeh pasangan. Ini bisa membuat pasangan Anda merasa sedih dan sedih. Karena itu, luangkan waktu untuk menghargai pasangan Anda atas upaya rutin mereka. Beri tahu pasangan betapa menakjubkan dan indahnya dia. Mengakui upaya pasangan dalam menjaga hubungan tetap hidup dan sehat adalah hal yang hebat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pasangan tips cinta
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top