Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

10 Cara Gampang Menghilangkan Jerawat

Anda mungkin menemukan banyak krim dan produk kosmetik yang mengklaim dapat menghilangkan jerawat dalam beberapa minggu, tidak semuanya akan bermanfaat. Berikut beberapa tips membantu Anda menghilangkan jerawat
Nancy Junita
Nancy Junita - Bisnis.com 23 Mei 2020  |  05:00 WIB
Kulit pipi bebas jerawat - Istimewa
Kulit pipi bebas jerawat - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Dari fluktuasi hormon hingga masalah genetik, jerawat dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, dan menjadi salah satu masalah kulit yang paling ditakuti, terutama pada remaja.

Meskipun Anda mungkin menemukan banyak krim dan produk kosmetik yang mengklaim dapat menghilangkan jerawat dalam beberapa minggu, tidak semuanya akan bermanfaat.

Berikut adalah beberapa tips dan trik sederhana yang dapat membantu Anda mengurangi jerawat  dikutip dari laman medindia.net:

1. Minumlah air putih

Meningkatkan asupan air adalah salah satu cara alami terbaik untuk mencegah dan mengatasi jerawat. Air, secara umum, cenderung mendetoksifikasi tubuh dan membantu membuang semua racun yang mungkin menyebabkan jerawat. Terlebih lagi, para peneliti telah menemukan meningkatkan asupan air juga dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh dan kulit, yang dengan demikian meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesehatan kulit.

Pastikan Anda minum 7-8 gelas air sehari, atau jumlah cairan yang sama dalam berbagai bentuk seperti jus.

2. Kekuatan wortel

Dikenal karena kandungan beta karoten dan seratnya, wortel merupakan 'makanan yang harus ditambahkan' bagi semua yang  mengalami jerawat. Wortel juga kaya akan vitamin A, membantu menjaga lapisan pelindung luar kulit tetap sehat, dan mengurangi produksi sebum, yang dengan demikian membantu mencegah erupsi jerawat.

Wortel serbaguna, Anda dapat menambahkannya ke hampir semua persiapan makanan.

3.Pengelupasan kulit

Akumulasi kotoran dan debu di pori-pori kulit juga menyebabkan jerawat. Itulah sebabnya pengelupasan kulit diperlukan, terutama jika Anda menghabiskan banyak waktu tdi luar rumah untuk waktu yang lama di siang hari. Menggunakan exfoliant yang lembut dan alami akan meningkatkan sirkulasi darah ke kulit dan menjaga kesehatannya, dan juga membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, kotoran dan kotoran yang mungkin telah menyumbat pori-pori.

4. Kunyit

Kunyit bersifat antibakteri yang luar biasa, juga mengandung senyawa yang dikenal sebagai curcumin, yang dipercaya dapat membantu mengurangi peradangan jaringan dan kemerahan pada kulit yang cenderung berjerawat.

5.Olahraga

Berolahraga bukan hanya untuk membuat Anda tetap bugar - aktivitas fisik moderat dianggap membantu mencegah tekanan darah tinggi, obesitas, dan bahkan mengekang stres, yang menjadikannya obat alami yang hebat bagi mereka yang menderita jerawat akibat stres. Berolahraga juga meningkatkan sirkulasi darah dan membantu detoksifikasi tubuh.

6.Masalah gula

Dari kondisi seperti obesitas hingga glukosa darah tinggi, gula putih, yang merupakan bagian tak terpisahkan dari makanan saat ini, telah dipersalahkan atas berbagai kondisi kesehatan, termasuk jerawat.

Gula diyakini menjadi penyebab besar di balik jerawat yang tiba-tiba muncul karena mengganggu aktivitas insulin yang menyebabkan hormon menjadi berantakan, dan menyebabkan jerawat.

Alih-alih sebatang cokelat, tetaplah  mengonsumsi gula seperti dari buah segar.

7. Tidur

Beberapa penelitian telah mengonfirmasi bahwa kurang tidur menyebabkan peningkatan stres, yang pada gilirannya, menyebabkan berjangkitnya jerawat. Risiko stres psikologis diperkirakan meningkat sebesar 14 persen untuk setiap jam tidur yang hilang, yang merupakan masalah. Pastikan Anda tidur selama 8 jam setiap hari untuk tetap sehat.

8.Dapatkan SPF

Jangan biarkan cuaca mendung menipu Anda - sinar UV matahari masih bisa menembus awan dan merusak kulit. Matahari juga cenderung mengeringkan kulit, yang dapat memperburuk peradangan dan memperburuk jerawat dan lesi kulit. Jadi pastikan Anda mengolesi tabir surya setiap hari sebelum melangkah ke matahari.

jerawat

9. Bersihkan wajah

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi jerawat yang disebabkan oleh penumpukan kotoran dan polutan pada kulit adalah membersihkan wajah sesering mungkin - tidak lebih dari dua kali sehari!

Dari riasan yang tebal hingga polusi lingkungan, banyak zat terakumulasi di pori-pori kulit dan menjadi tempat berkembang biaknya jerawat, jadi pastikan Anda menggunakan pembersih noncomedogenic untuk mencuci wajah Anda secara menyeluruh setidaknya dua kali sehari.

10. Omega 3

Cara lain untuk mengatasi jerawat adalah dengan menggunakan asam lemak omega 3. 'Lemak baik' ini dianggap membantu mengendalikan produksi molekul yang meningkatkan produksi sebum, yang menyebabkan peradangan jerawat. Menambahkan lebih banyak makanan yang mengandung asam lemak omega 3 seperti alpukat, biji rami, salmon dan kacang walnut ke dalam diet Anda dapat membantu menghilangkan jerawat.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hormon jerawat
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top