Rayakan Lebaran di rumah/istimewa
Fashion

Tips Merayakan Idulfitri di Tengah Pandemi Virus Corona

Dewi Andriani
Sabtu, 23 Mei 2020 - 13:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Perayaan Idul Fitri tahun ini berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya karena adanya pandemi virus Corona (Covid-19). Biasanya, umat Islam akan berkumpul di masjid untuk melaksanakan ibadah sholat Eid di pagi hari.

Tradisi lain mengunjungi teman dan kerabat untuk saling bersilaturahmi dan makan bersama. Tahun ini, tradisi komunal tersebut tampaknya tidak lagi terjadi, setiap keluarga akan terisolasi di rumah selama karantina virus corona.

Walaupun begitu, bukan berarti semangat perayaan Idul Fitri harus redup. Banyak cara yang bisa dilakukan agar bisa tetap merayakan Idul Fitri di tengah pandemi Covid-19, berikut beberapa tips:

1. Mandi dan Pakailah Baju Terbaik

Membeli baju baru telah menjadi kebiasaan masyarakat untuk merayakan hari kemenangan. Walaupun tidak kemana-mana dan tetap di rumah saja, tidak ada salahnya untuk mengenakan pakaian terbaik dalam menyambut hari Raya Idul Fitri. Pagi hari sebelum melaksanakan salat Ied, mandilah yang bersih, pakai parfum, dan gunakanlah baju baru atau baju terbaik yang dimiliki.

2. Sarapan dengan yang Manis

Setelah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan lamanya, kini di Hari Lebaran kita dapat mengonsumsi makanan sepanjang hari. Jangan lupa untuk sarapan pagi dengan yang manis atau menikmati kue-kue lebaran yang sudah dipersiapkan seperti kue nastar, kastengel, putri salju, dan lainnya.

3. Takbir dan Salat Ied di Dalam Rumah

Akibat pandemi, umat Muslim tidak dapat melaksanakan solat Ied di Masjid. Sebagai gantinya seluruh umat muslim dianjurkan untuk solat Ied berjamaah bersama keluarga di rumah. Sebelum ibadah solat Ied dilaksanakan, bertakbirlah untuk menyambut datangnya Hari Kemenangan sekaligus menghidupkan semangat di Hari Raya

4. Silaturahmi Virtual

Tradisi lain yang tidak bisa dilaksanakan pada Lebaran tahun ini adalah bersilaturahmi ke rumah kerabat, saudara, dan tetangga, bahkan mudik pun kini tak dapat dilakukan. Namun, jangan berkecil hati. Walaupun harus terpisah jarak tetapi silaturahmi harus terus terjaga. Usai melaksanakan salat Ied, jangan lupa untuk menghubungi keluarga, teman, dan saudara untuk saling bersilaturahmi dan saling memaafkan baik melalui aplikasi zoom, whatsapp, dan lainnya.

5. Menikmati Menu Opor Ayam

Salah satu yang ditunggu-tunggu saat merayakan Idulfitri adalah menu ketupat dan opor ayam atau rendang. Setelah melaksanakan solat Ied dan sungkeman bersama keluarga di rumah, kini saatnya menyantap berbagai aneka makanan yang sudah terhidang di atas meja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro