Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mayapada Hospital Siap Layani PCR Swab Test Covid-19

Mayapada Healthcare menyatakan siap melayani PCR (polymerase chain reaction) swab test Covid-19 di semua unit Mayapada Hospital.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 02 Juni 2020  |  14:29 WIB
Ilustrasi polymerase chain reaction (PCR) swab test Covid-19. - Istimewa-Mayapada Healthcare
Ilustrasi polymerase chain reaction (PCR) swab test Covid-19. - Istimewa-Mayapada Healthcare

Bisnis.com, JAKARTA – Mayapada Healthcare menyatakan siap melayani PCR (polymerase chain reaction) swab test Covid-19 di semua unit Mayapada Hospital.

Kegiatan itu, sebagaimana dilansir siaran pers kerja sama dengan Bisnis Indonesia, ditunjang oleh laboratorium biomolekuler khusus dengan tingkat keamanan Bio Safety Level 2 (BSL2) yang bersertifikasi, peralatan dan perlengkapan PCR dengan teknologi terkini, serta tenaga ahli di bidangnya.

Mayapada Healthcare adalah salah satu pilar bisnis dalam Mayapada Grup, yang didirikan oleh Dato’ Sri Tahir pada 1986. Mayapada Healthcare menaungi empat rumah sakit dan tiga klinik yaitu Mayapada Hospital Tangerang, Mayapada Hospital Jakarta Selatan, BMC Mayapada Hospital Bogor, serta Mayapada Hospital Kuningan.

Jonathan Tahir, selaku Group CEO Mayapada Healthcare, mengemukakan Mayapada Hospital dapat memastikan hasil diagnosa dengan akurasi yang tinggi.

Hasil diagnosa PCR swab test memerlukan 1 sampai dengan 3 hari kerja yang dimulai dari pengambilan sampel swab nasofaring oleh tenaga medis berpengalaman sampai dengan pengerjaan oleh tenaga ahli di dalam Laboratorium BSL2.

Laboratorium ini juga dapat melakukan pemeriksaan berbasis molekuler lainnya seperti mendeteksi infeksi HIV, hepatitis, kanker, malaria, dan lainnya.

Hasil diagnosa yang akurat dan cepatdiharapkan dapat membantu pemerintah dalam mengurangi penumpukan pemeriksaan spesimen terutama di area Jabodetabek.

RT-PCR swab test dengan sampel dari nasofaring (bagian belakang hidung) merupakan prosedur yang paling disarankan badan dunia Organisasi Keshatan Dunia (WHO) untuk mendeteksi secara akurat virus Covid-19.

Di tengah pandemi ini, pemerintah Indonesia menargetkan 10,000 test per hari dengan metode RT-PCR nasofaring swab untuk membantu para tenaga medis serta semua pihak yang terlibat dalam mengindentifikasi secara akurat dan cepat agar dapat segera memberikan perawatan yang tepat bagi pasien Covid-19 dan menekan penyebaran virus tersebut.

Melalui komitmen yang kuat, Mayapada Healthcare turut terpanggil untuk berkontribusi dalam program percepatan penanganan Covid-19 oleh pemerintah.

Mayapada Hospital dilengkapi dengan berbagai tipe ruang isolasi khusus yang terpisah dari area perawatan umum lainnya, salah satunya adalah ruang isolasi mandiri yang memberikan kenyamanan lebih baik bagi PDP dan pasien Covid-19.

Ruangan ICU dan operasi dengan tekanan negatif yang tersedia juga memastikan perawatan maksimal bagi pasien Covid-19.

Dengan metode screening dan pemeriksaan penunjang seperti rapid test kit, CT-Scan Thorax, RT-PCR swab test, dan laboratorium lengkap yangdidukung oleh para tenaga medis yang berdedikasi penuh, Mayapada Hospital memastikan dapat secara cepat dan akurat memisahkan pasien suspek (ODP dan PDP) dengan pasien positif Covid-19.

Hal ini merupakan kebijakan tegas manajemen Mayapada Healthcare dalam mencegah penyebaran Covid-19 serta mengutamakan keselamatan pasien dan tenaga medis yang bertugas.

Jonathan Tahir mengatakan Mayapada Hospital siap menerima PCR swab test di mana hasilnya bisa dikeluarkan secara cepat mulai dari 1 hari hingga 3 hari kerja.

“Kami telah menyiapkan dua alat permeriksaan PCR swab test dengan alat ekstraksi otomatis serta laboratorium lengkap untuk pemeriksaan Covid-19 yang tentunya sudah sesuai standar dan mampu menghasilkan proses secara cepat dan akurat.”

“Di tengah pandemi ini, secara konsisten  kami terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan secara lengkap dan terpadu. Harapan kami, dengan hadirnya dia alat pelayanan PCR swab test dan laboratorium ini, dapat mendukung program pemerintah untuk mempercepat penanganan pemutusan rantai Covid-19.”

Dia menjelaskan saat ini jumlah pasien Covid-19 di Indonesia sudah lebih dari 22.000 orang dan diperkirakan dapat bertambah terus jumlah orang yang akan positif Covid-19 dan tentunya akan semakin banyak dibutuhkan pemeriksaan PCR swab test.

Selain itu, banyak PDP, ODP dan masyarakat awam lainnya yang saat ini juga membutuhkan pemeriksaan PCR namun dikarenakan terbatasnya laboratorium yang bisa melakukan pemeriksaan PCR, banyak yang harus mengantri dan menunggu lama untuk bisa melakukan pemeriksaan PCR.

“Karena itu, kami berharap hasil diagnosa yang cepat dapat mempercepat penegakan diagnosa dan melanjutkan  treatment selanjutnya sesuai dengan prosedur yang disarankan,” kata Jonathan Tahir. 

Keselamatan, keamanan dan kesehatan pasien, dokter dan karyawan adalah prioritas kami, karena itu Mayapada Healthcare juga sudah menjalankan berbagai langkah preventif untuk menekan angka penularan Covid-19 dengan melakukan berbagai upaya atau prosedur seperti pembatasan keluar masuk pintu utama, screening suhu tubuh, penyediaan sanitizer di setiap titik masuk dan keluar Mayapada Hospital, wajib memakai masker guna mendapatkan akses masuk.

Mayapada Healthcare juga menyediakan pelayanan pemeriksaan rapid test kit sebanyak 15.000 spesimen baik di rumah sakit maupun beberapa titik di Jakarta secara drive thru untuk masyarakat yang memerlukan, baik secara individu maupun massal.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mayapada hospital mayapada group covid-19
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top