Warga berolahraga di Komplek Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (21/2/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Health

Apakah Sehat Berolahraga Pakai Masker?

Novita Sari Simamora
Rabu, 3 Juni 2020 - 08:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Akhir-akhir ini beredar video tentang bahaya berolahraga dengan menggunakan masker. Ini membuat orang-orang yang senang olahraga menjadi panik dan berusaha mencari kebenaran.

Michael Triangto, Spesialis Kedokteran Olahraga sekaligus Direktur Slim&Health Sports Center Jakarta mengungkapkan peraturan pemerintah tentang PSBB, mengharuskan masyarakat menggunakan masker saat berada di luar rumah, begitu juga untuk orang yang berolahraga di luar rumah.

"Masalahnya adalah dengan menggunakan masker kita akan merasakan nafas menjadi kurang lega, sesak, tidak nyaman," tulisnya dalam keterangan resmi, Rabu (3/6/2020).

Michael mengungkapkan tujuan utama dari penggunaannya adalah untuk melindungi pemakainya dari kemungkinan terinfeksi virus dan melindungi orang lain dari kemungkinan kita menginfeksi mereka, terutama bila kita sedang tidak sehat.

Bila masker digunakan saat berolahraga, maka akan menimbulkan sesak terutama pada olahraga berintensitas berat. Bila merasakan hal tersebut, maka baiknya olahraga jangan dipaksakan.

Sebelum berolahraga setiap individu sebaiknya mengetahui dengan jelas tujuan dari kegiatannya itu dan bila tujuannya untuk sehat tentunya yang bersangkutan hanya boleh melakukan olahraganya berintensitas ringan sampai sedang saja.

"Untuk yang ingin tetap berolahraga berat tentunya tidak akan dapat dilarang, dengan demikian boleh tetap dilakukan olahraganya namun dianjurkan dilakukan di dalam rumah sehingga tidak akan terkena kewajiban menggunakan masker," ungkap Michael.

Michael mengatakan bahwa olahraga berintensitas berat hanya diperuntukkan bagi atlet yang mau bertanding sehingga tujuan kesehatan bukanlah menjadi prioritas utama mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro