Ilustrasi pengecekan kadar gula darah terhadap penderita diabetes melitus/Reuters
Health

Akankah Penyakit Metabolik Meningkat Setelah New Normal?

Dewi Andriani
Kamis, 4 Juni 2020 - 11:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Penyebaran pandemi Covid-19 membuat seluruh perhatian tertuju pada penyakit yang disebabkan oleh virus corona (Covid-19). Kondisi ini menyebabkan penyakit-penyakit metabolik seperti serangan jantung, diabetes, dan hipertensi seolah terlupakan.

Roy Panusunan Sibarani Dokter Spesialis Penyakit Dalam-Konsultan Endokrin Metabolik mengatakan selama masa pandemi, masyarakat khususnya yang memiliki penyakit metabolik diminta untuk tetap di rumah saja karena rentan tertular virus Covid-19.

Hal ini membuat mereka yang memiliki penyakit tersebut menjadi kurang awas dan tidak dapat mengontrol penyakitnya ke rumah sakit.

“Hanya berfokus pada Covid 19 justru membuat orang jadi tidak awas terhadap penyakit metabolik. Padahal, penyakit metabolik itu adalah penyakit degeneratif. Dimana, makin tua kita, maka makin banyak kemungkinannya untuk kena penyakit diabetes, darah tinggi, dan gangguan kolesterol," ujarnya.

Menurutnya, ketika penyakit metabolik ini tidak terkontrol dan masyarakat tidak memperhatikan kesehatan selama di rumah saja, maka bisa jadi enam bulan pasca era Covid-19 selesai atau ketika era new normal mulai masuk, penderita penyakit metabolik ini bisa saja bertambah banyak.

“Misalnya, yang tadinya tidak diabetes jadi diabetes. Dari yang tadinya diabetes ringan, menjadi diabetes berat. Yang tadinya kolesterolnya biasa saja, malah jadi naik. Ini semua, karena pada saat WFH, mereka takut beli obat, tidak konsultasi ke dokter, dan banyak timbul kecemasan bahkan takut bertemu orang luar,” tuturnya.

Untuk mencegah timbulnya penyakit metabolik, dokter yang juga menjabat sebagai Ketua Komite Medis/Team Covid 19 RS Murni Teguh Sudirman Jakarta ini menyarankan masyarakat untuk menerapkan pola hidup yang baik, dengan olahraga rutin, konsumsi makanan sehat serta bergizi.

Bagi yang sebelum masa pandemi Covid-19 rutin berolahraga di gym maka bisa menggantinya dengan olahraga di rumah saja. “Untuk mereka yang belum memiliki pola hidup baik pada saat pre-Covid 19, kini saatnya melakukan pola hidup yang baik. Dengan cara memperbaiki pola hidup, diantaranya dengan berolahraga teratur, tidur cukup, minum air putih cukup, makan makanan bergizi dan suplemen yang baik,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro