Ilustrasi/Dumblittleman
Relationship

Tak Perlu Murung, Ini 10 Cara Atasi Putus Cinta

Desyinta Nuraini
Selasa, 9 Juni 2020 - 19:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Putus cinta memang sangat menyesakkan dada. Apalagi hubungan dengan si dia sudah terjalin cukup lama.

Namun janganlah bermuram durja terlalu lama. Hidupmu terlalu berharga untuk meratapi dia yang meninggalkanmu. Berikut tips untuk membuat dirimu bangkit dari patah hati karena putus cinta, dilansir dari Bolde, Selasa (9/8/2020).

1. Biarkan dirimu bersedih hati

Tak ada salahnya kamu merasakan kesedihan itu. Luapkan, tuangkan emosimu, jangan coba menghindarinya. Putarlah musik untuk melengkapi kesedihan itu. Akan tetapi lupakan dia dan tinggalkan kesedihanmu setelahnya.

2. Tulis kesedihan itu

Terkadang kamu pasti sulit untuk mengungkapkan apa yang kamu rasakan saat putus cinta. Tidak apa-apa, cobalah menuliskan semuanya menjadi surat ataupun puisi. Hal itu aman membuatmu sedikit lega.

3. Kejar tujuan yang dapat dicapai

Cobalah membuat daftar tugas dan keinginanmu. Biasakan merasa seperti kamu bisa menggapai tujuan itu. Mulailah dari uang termudah, kembangkan, dan terus berusaha menggapai tujuan yang besar, mungkin seperti menurunkan berat badan atau mendapat promosi jabatan di kantor.

4. Habiskan waktu dengan teman

Bebaskan dirimu dari rasa sendirian dan ditinggalkan. Temui teman-temanmu. Berkumpullah dengan mereka atau lakukan hal-hal menyenangkan bersama seperti memasak, merias wajah, atau membeli hadiah.

5. Jika memang diperlukan, lihatlah dia sebentar saja

Memang sulit untuk melupakan orang yang telah mengisi hidup kita cukup lama walaupun kamu sudah berusaha cukup keras. Tak apa jika kamu ingin melihat keadaannya sesekali.

Gunakanlah media sosial. Cobalah untuk tidak terlalu terobsesi ketika dia “aktif” tetapi pastikan dia masih hidup dan sehat dengan memeriksa sebentar akunnya.

6. Apakah kamu?

Terkadang hubungan yang toxic membuat hubunganmu dengan teman bahkan keluarga menjadi renggang. Kamu pun kerap kehilangan jati diri karena hubungan ini. Jadi, anggap perpisahan yang terjadi adalah peluang yang baik untuk menemukan kembali identitas dirimu sendiri.

7. Istirahat dari percintaan

Cobalah untuk menenangkan dirimu terlebih dahulu sebelum menerima cinta yang batu. Apalagi kamu masih memikirkan mantanmu. Menjalin hubungan baru dalam kondisi ini jelas tidak memperbaiki keadaanmu juga merugikan pasanganmu nanti.

8. Nikmati kesendirian

Tak ada salahnya melakukan hal sendiri. Nikmati aktivitas itu. Pergilah menonton di bioskop atau makan di restoran sendiri. Buat dirimu bahagia dan berpikir tak harus ada pasangan untuk mendapatkan kebahagiaan itu.

9. Transformasi diri sendiri

Jangan berlebihan dan bersikap impulsif, tetapi mungkin menarik untuk secara nyata menandai awal baru dalam hidupmu. Cobalah untuk merubah penampilan seperti memotong rambut atau mewarnainya. Jadikan dirimu tampil berbeda.

10. Cari inspirasi dari orang lain

Cari tahu apa yang dilakukan orang lain untuk mengatasi rasa kesedihan setelah putus cinta. Anda dapat berdiskusi pribadi, mendengarkan dari grup pertemanan atau mendengar para motivator.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro