Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Cara Bikin Empon-empon yang Manjur Lawan Virus Corona

Empon-empon boleh dikonsumsi sebagai bumbu hingga minuman, tetapi setiap orang harus memiliki asupan gizi yang seimbang.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 10 Juni 2020  |  22:21 WIB
Pedagang menata jahe merah yang dijual di Pasar Rumput, Jakarta, Rabu n(4/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Pedagang menata jahe merah yang dijual di Pasar Rumput, Jakarta, Rabu n(4/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Masyarakat banyak memburu empon-empon seperti jahe, temulawak, kunyit dan kencur untuk mengusir virus corona (Covid-19).

Dokter spesialis Gizi Klinik, RS Pondok Indah Bintaro Jaya, Diana Felicia Suganda membenarkan jahe memang efektif untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Namun, sifat jahe, temulawak dan beragam rempah lain hanya sebagai pelengkap bukan makanan utama.

Untuk itu, masyarakat diharapkan tetap menjaga konsumsi gizi harian agar terpenuhi.

"Jahe memiliki antioksidan kuat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi peradangan dan zat aktifnya dapat menurunkan infeksi dan menghambat pertumbuhan berbagai jenis bakteri," ujar Diana dalam bincang-bincang virtual, Rabu (10/6/2020).

"Jahe boleh dikonsumsi untuk tambahan, bisa dimasak sebagai bumbu atau minuman tapi utamanya tetap harus asupan gizi seimbang," lanjut Diana.

Diana mengatakan pola makan gizi seimbang adalah yang paling utama untuk meningkatkan imunitas seseorang. Jika kebutuhan gizi harian sudah terpenuhi, maka daya tahan tubuh secara otomatis menjadi besar.

"Jangan sampai anaknya dicekokin empon-empon tiap hari, dipaksa minum tapi dia melupakan makanan utamanya," ungkap Diana.

"Jangan sampai Anda mendewakan bahan makanan, tetap makanan utama yang baik, empon-empon dan jamu-jamuan sebagai tambahan dan pastikan ini alami, tidak yang kemasan dan berbentuk sachet," tambahnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

obat herbal Virus Corona jahe covid-19

Sumber : Antara

Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top