Desain Compact House
Relationship

Konsep Rumah Compact House Solusi Akomodasi Dengan Keterbatasan Lahan

Nirmala Aninda
Jumat, 12 Juni 2020 - 14:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Konsultan arsitektur dan desain interior, Delution, kembali memperkenalkan karya desain rumah terbarunya yang mengusung konsep compact house yang diberi nama Linaya.

Konsep compact house  ini dikembangkan dalam satu masterplan kompleks perumahan yang terletak di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan.

Meskipun dibangun di atas lahan yang minim, rumah ini tetap didesain untuk dapat memenuhi kebutuhan hunian keluarga urban masa kini, mulai dari jumlah kamar tidur yang banyak hingga ruang hijau yang mumpuni.

Hezby Riyandi, Chief Design Officer Delution, menuturkan bahwa ruang-ruang komunal di rumah ini didesain dengan konsep open plan agar rumah terasa lapang. Selain itu dengan konsep ini sebuah ruang dapat dialihfungsikan sesuai dengan kebutuhan pemiliknya.

"Karena ini merupakan rumah yang akan dipasarkan dalam sebuah komplek perumahan, kami ingin menghadirkan rumah yang ideal bagi pemiliknya nanti. Sehingga kami harus memasukkan kebutuhan ruang yang lengkap pada lahan minim. Konsep compact house kami hadirkan untuk mencapai poin tersebut," ujarnya melalui siaran pers yang diterima Bisnis, Jumat (12/6).

Untuk memberikan sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik, desain Linaya dilengkapi dengan void yang tinggi. Selain itu, tiap ruang di rumah ini memiliki bukaan yang cukup besar sehingga cahaya dan udara dapat berputar dengan baik.

Spot-spot hijau yang banyak ditemui di dalam rumah, seperti di taman depan, taman belakang, area balkon dan rooftop juga menjadi nilai tambah bagi rumah ini.

Linaya dilengkapi dengan satu kamar utama, dua kamar tidur, dan satu kamar asisten rumah tangga.

Ruang-ruang ini dapat dioptimalisasi di dalam lahan yang minim berkat konsep desain lantai mezzaine. Desain tangga gaya melingkat juga merupakan salah satu strategi desain untuk efisiensi penggunaan lahan di dalam rumah mungil ini.

Segi estetika dan fungsi di dalam rumah juga diperhatikan oleh sang arsitek mulai dari beberapa desain fixture yang dibuat multifungsi seperti meja kerja yang dapat dilipat menjadi cermin, meja makan yang dapat dilipat untuk menciptakan space tambahan, railing tangga yang dapat dibuka tutup untuk mobilisasi perabotan rumah, hingga desain panel-panel utilitas yang estetis.

Rumah ini dikembangkan ke dalam sebuah komplek perumahan yang juga dikelola oleh salah satu unit bisnis The Delution Company, Delution Land.

30 unit rumah Linaya dalam kompleks ini akan memiliki desain yang berbeda namun tetap memiliki keselarasan yang tampak baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nirmala Aninda
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro