Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Manfaat Gula Aren untuk Kesehatan Tubuh  

Gula aren dibuat dari getah pohon aren, melibatkan ekstraksi getah pohon dari batang tempat tumbuhnya bunga, kemudian direbus hingga membentuk cariran seperti sirop.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 13 Juni 2020  |  18:17 WIB
Gula aren. - Istimewa
Gula aren. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Gula aren seringkali digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai penyedap rasa masakan. Tentunya, selain membuat makanan lebih berasa, gula aren juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan.

Gula aren dibuat dari getah pohon aren Arenga. Prosesnya melibatkan ekstraksi getah pohon dari batang tempat tumbuhnya bunga, kemudian direbus hingga membentuk cariran seperti sirop.

Selain berbentuk cair, getah juga bisa dibiarkan mengkristal sehingga bisa dijual sebagai kue gula kecil sebagai pengganti gula lain.

Lantas apa manfaat gula aren ini bagi kesehatan? Berikut manfaat gula aren dikutip dari medindia.net:

Oral Rehydration Solution (ORS)

Solusi rehidrasi oral digunakan untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam sel-sel di dalam tubuh. Hal ini memiliki peranan penting dalam kasus diare dan muntah di mana individu kehilangan sejumlah besar cairan bersama dengan mineral dan garam.

Meningkatkan Energi

Diperlukan sedikit waktu untuk gula aren dipecah dan diserap oleh tubuh. Faktanya, proses pencernaan ini dimulai segera setelah gula masuk ke dalam mulut dan bersentuhan dengan air liur.

Anda dapat mencampurkan beberapa sendok teh gula aren dan segelas jus buah segar pada pagi hari untuk memberi energi yang dibutuhkan di untuk mengawali hari.

gula aren

Gula Aren untuk Diabetes

Produsen gula aren sering mengklaim bahwa produk ini memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti bahwa mengonsumsi gula aren tidak akan menyebabkan lonjakan tiba-tiba pada kadar gula darah.

Otoritas Kelapa Filipina menyatakan bahwa indeks glikemik gula kelapa adalah 35, yang membuatnya termasuk dalam makanan rendah glikemik.

American Diabetes Association juga menyatakan bahwa penderita diabetes dapat mengonsumsi gula aren tetapi mereka harus tetap memperhatikan jumlah yang dikonsumsi.

Pemanis Alami

Gula arena tidak melibatkan proses pemurnian sehingga mengandung beberapa vitamin dan mineral yang akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Sebagian besar gula aren biasanya mengandung kalium, nitrogen, fosfor, besi, dan seng. Mineral-mineral ini bagus untuk meningkatkan fungsi otak dan sistem kekebalan tubuh.

Baik untuk Kesehatan Muskiloskeletal

Satu sendok teh gula kelapa mengandung 1 persen kebutuhan kalium seseorang. Semakin banyak mengonsumsi gula aren, maka akan makin banyak kalium yang memainkan peran penting dalam kesehatan dan pemeliharaan jaringan tulang dan otot.

Namun demikian, terlalu banyak mengonsumsi gula juga tidak baik untuk sisi kesehatan yang lain dan berpotensi menimbulkan sejumlah penyakit, yang berkaitan dengan gula darah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gula diabetes
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top