Baim Wong/JIBI
Entertainment

Baru Setahun Aktif, Youtube Baim Wong Hasilkan Uang Hampir Rp13 Miliar Sebulan

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 25 Juni 2020 - 19:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Belum genap setahun artis Baim Wong aktif sebagai youtuber, kini penghasilan pria bernama asli Muhammad Ibrahim itu telah mencapai nyaris Rp13 miliar per bulan.

Berdasarkan data Social Blade, situs analisis penghitungan media sosial, penghasilan youtuber yang satu ini lewar kanal nya Baim Paula diperkirakan mulai dari US$56.600 hingga US$905.900 atau hampir Rp13 miliar per bulan.

Sedangkan, untuk pendapatan setahun diprediksi sebesar US$679.400 hingga US$10.9M atau Rp152 miliar dalam setahun. Wow fantastis bukan.

Kanal youtube Baim memang mulai naik daun sejak tahun lalu. Bahkan dalam kurun waktu kuranh dari setahun dia bisa mengumpulkan subscriber hingga 14 juta hingga saat ini.

Padahal, dia mengaku awalnya hanya diajak Raffi Ahmad yang juga sudah lebih dahulu terjun sebagai Youtuber dengan kanal Rans Entertainment nya.

Ternyata, justru kanal Youtube Baim Paula ini mampu mengekor Raffi yang memiliki 16,4 juta subscriber.

Saat ini, kanal yang sudah memposting 742 video itu, menurut Social.Blade berads di rangking ke 7 per youtube an tanah air, dan rangking 83 untuk jenis entertainment. Sedangkan secara global berada di rangking 288.

Dari total ratusan video yang sudah diunggah itu, tercatat jumlah penontonnya mencapai 1,9 miliar. 

Dimulai dari social experiment

Youtube Baim mulai dikenal dan memiliki banyak subscriber ketika dia aktif menyajikan konten social experiment.

Kala itu, dia rajin menyamar ke lapangan mulai dari berpura-pura menjadi orang gila, hingga kakek-kakek untuk memancing orang membantunya. Jika ada orang yang membantu, dia akan memberikan sejumlah uang ke orang tersebut.

Saat itu, konten itu begitu dipuji subscribernya. Dan jumlahnya pun kian bertambah.

Konten paling banyak ditonton

Menurut penelusuran Bisnis, jumlah penonton video youtube Baim Paula ini rata-rata sudah di atas 1 juta penonton untuk satu videonya. Meski ada beberapa yang di bawah 1 juta penonton namun jumlahnya kurang dari 10 video.

Sedangkan video yang paling banyak ditonton, ada yang angka penontonnya mencapai lebih dari 10 juta. Lucunya, video ini juga melibatkan Rafathar, anak Raffi Ahmad. Artinya, memang Baim memang harus berterimakasih pada Raffi atas keberhasilannya di dunia youtube ini.

Video berjudul Rafathar Ngamuk, Paula di Bruce Lee yang diunggah setahun lalu ditonton lebih dari 11 juta penonton.

Kemudian, video Baim berpura-pura jadi orang gila. Video berjudul "Jadi orang gila, enak juga. Prank" itu ditonton 12 juta orang.

Selanjutnya lagi-lagi video dengan Rafathar berjudul "Rafathar Sayang Anakku" ditonton 9,8 juta orang. Dan "Anakku Rafathar" ditonton 7,6 juta. Serta "OMG Rafathar bangun" sebanyak 10n juta.

Satu lagi video yang viral di kanal itu yakni ketika Baim mencukur rambut anaknya Kianp Toger Wong menjadi mohawk. Video itu ditonton 12 juta orang.

Berawal dari rumah hingga sewa kantor

Awalnya, kegiatan operasional dimulai di rumahnya. Bahkan editornya pun tidur di rumahnya. Tapi kini, Baim sudah menyewa sebuah rumah yang diubahnya menjadi kantor.

Jumlah editor dan kameramen yang dimilikinya pun tak banyak. Sekitar lima orang, tapi dia mampu menghasilkan saru video setiap harinya.

Video Viral

Konten yang disajikan Baim seringkali viral di media sosial. Seperti saat bersama Rafathar, atau ketika dia membantu seorang nenek bernama Iroh yang akhirnya dikenal orang banyak.

Bahkan, nenek Iroh ini pun kini tinggal bersama Baim karena memang hidupnya sebatang kara.

Berniat beli rumah mewah

Berdasarkan data penghasilan di atas, sudah tentu Baim bisa membeli barang-barang mewah untuknya.

Selain sewa rumah untuk kantor dengan ukuran yang cukup luas tadi, Baim juga saat ini berencana membeli rumah baru. Di kanal youtubenya itu juga dia menunjukkan calom rumah barunya yang mewah itu.

Dia juga sebelumnya sempat membeli mobil mewah yang dihadiahkan untuk istrinya Paula Verhoven.

Baru Setahun Aktif, Youtube Baim Wong Hasilkan Uang Hampir Rp13 Miliar Sebulan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro