Ilustrasi kartu kredit
Relationship

Cara Bijak Pakai Kartu Kredit Saat Pandemi

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 27 Juni 2020 - 11:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kartu kredit dapat menjadi bagian penting dari manajemen keuangan yang efektif atau alat yang merusak yang membuat Anda berada dalam situasi yang mengerikan karena terjerat utang.

Bagaimana seseorang menggunakan kartu kredit akan menjadi faktor penentu apakah kartu kredit itu bisa menjadi penolong atau justru penjerumusnya.

Penggunaan kartu kredit kemungkinan meningkat dalam beberapa bulan terakhir karena coronavirus membuat orang memiliki sedikit masalah finansial. 

Pada akhirnya, pengguna kartu kredit harus kembali untuk melunasi utangnya, yang bahkan mungkin lebih buruk dalam jangka panjang karena bunga yang masih harus dibayar.

Dalam skenario terburuk, beberapa orang mungkin masih bergantung pada kartu kredit mereka pascalockdown meskipun mereka sudah memiliki hutang besar.

Untungnya, ada langkah-langkah yang bisa diambil orang dan saran yang bisa mereka perhatikan ketika mengatur pengeluaran mereka.

Holly Andrews, Direktur Pelaksana KIS Finance, memberikan kiatnya untuk memastikan kartu kredit digunakan secara efektif.

Berhentilah memperlakukan mereka seperti pinjaman

Perubahan perspektif yang sederhana bisa bermanfaat dalam jangka panjang.

“Salah satu hal terburuk yang dapat Anda lakukan dengan kartu kredit adalah memperlakukannya seolah-olah itu pinjaman, dan terutama yang jangka panjang," ujarnya dikutip dari Express.co.uk.

“Kartu kredit harus digunakan untuk kebutuhan bukan hal yang diinginkan. Semisal bahan makanan dan kebutuhan pokok, dan tidak untuk pengeluaran mewah seperti liburan dan barang-barang desainer," katanya.

Dia menjelaskan meskipun kartu kredit sangat membantu dan bisa menjadi penyelamat jika ada keadaan darurat dan Anda tidak memiliki pilihan alternatif.

Jangan maksimalkan

Beberapa orang mungkin melihat apa yang kartu kredit mereka berikan sebagai "uang gratis" tetapi ini bisa sangat merusak: "Meskipun sangat menggoda untuk menghabiskan semua kredit Anda, melakukan hal itu benar-benar akan menjerat.

“Cara yang masuk akal untuk menggunakan kartu kredit adalah dengan hanya menghabiskan maksimal 50 persen (30 persen atau kurang ideal) dari batas setiap bulan karena, pertama, ini akan lebih mudah untuk dilunasi secara penuh setiap bulan dan, kedua, itu benar-benar akan meningkatkan nilai kredit Anda. "

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro