Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jamur Cordyceps Bisa Lawan Virus Corona di Tubuh

Jamur Cordyceps militaris memiliki antivirus dan senyawa lain, yang berfungsi untuk melawan virus corona di dalam tubuh.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 01 Juli 2020  |  14:08 WIB
Jamur Cordyceps militaris berfungsi untuk menangkal segala virus. Jamur memiliki manfaat bagi bagi kesehatan. - Real Mushrooms
Jamur Cordyceps militaris berfungsi untuk menangkal segala virus. Jamur memiliki manfaat bagi bagi kesehatan. - Real Mushrooms

Bisnis.com, JAKARTA - Cordyceps militaris, jamur ini belakangan ramai diperbincangkan karena dipercaya sebagai antivirus, tak terkecuali virus corona atau Covid-19.

Guru Besar Fakultas MIPA dan Pakar Biomolekuler Universitas Brawijaya, Widodo mengatakan hal tersebut terjadi karena jamur cordyceps mengandung 3 bahan aktif yang berfungsi sebagai antiviral untuk menghambat dan merusak replikasi virus, anti inflamasi untuk mengobati peradangan, dan imunoregulator (meningkatkan dan mengembalikan sistem imunitas tubuh menjadi normal), mengurangi gangguan pernapasan, antioksidan.

"Karena jamur ini memiliki 3 senyawa aktif, cordycepin, adenosin, dan polisakarida," tuturnya dalam Webinar yang digelar Kalbe Farma, Rabu (1/7/2020).

Dia menerangkan, berdasarkan  prediksi melalui analisis bioinformatik, adenosin dan cordycepin  berpotensi sebagai antivirus. Struktur adenosin dan cordycepin mirip dengan obat antivirus galidesevir, antivirus yang disinyalir cocok untuk virus corona dan sudah melalui uji klinis fase 1.

"Karena memiliki antiviral diharapkan menghambat proses infeksi virus. Baik virus Covid maupun yang lain," sebutnya.

Lagi pula, cordyceps memiliki beberapa keunggulan dibandingkan herbal lain seperti echinacea dan suplemen seperti vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Cordyceps terbilang relatif aman digunakan untuk jangka waktu yang lama. Sementara echinacea disarankan digunakan tidak lebih dari 8 minggu berturut-turut, dan vitamin C memang aman dikonsumsi jangka panjang namun perlu kehati-hatian bagi pasien penderita maag, lambung, serta ginjal.

Kemudian, efikasi cordyceps kata Widodo lebih lengkap sebab echinacea hanya berfungsi sebagai imunomodulator, sedangkan vitamin C bersifat imunomodulator untuk general health.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

antibodi jamur Virus Corona
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top