Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Konser Amal Buatan Diaspora Indonesia Gaet Tompi Hingga Monita Tahalea

Bertajuk "Konser untuk Indonesia" yang bakal digelar Sabtu, 4 Juli 2020, pukul 20.00 WIB dan 09.00 waktu Massachusetts melalui live streaming YouTube Katadata, KBR, Trans Vision, SWA
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 02 Juli 2020  |  14:13 WIB
Tompi - Twitter
Tompi - Twitter

Bisnis.com, JAKARTA - Mahasiswa diaspora Indonesia yang tergabung dalam Berklee Indonesian Community dan Permias Massachusetts menggelar konser amal virtual dalam upaya menggalang dana dan mendukung inisiatif melawan Covid-19.

Bertajuk "Konser untuk Indonesia" yang bakal digelar Sabtu, 4 Juli 2020, pukul 20.00 WIB dan 09.00 waktu Massachusetts melalui live streaming YouTube Katadata, KBR, Trans Vision, SWA ini menggaet sejumlah musisi Indonesia ternama seperti Tompi, Monita Tahalea, dan maestro harpa Rama Widi.

President Berklee Indonesia, Sharon Stephania yang saat ini berada di Boston, Amerika Serikat mengatakan konser ini digelar berawal dari rasa kerinduan para diaspora akan kampung halaman. Mereka juga prihatin dengan kondisi masyarakat Indonesia di tengah pandemi virus Corona.

"Dalam krisis seperti saat ini banyak orang butuh bantuan. Kami putuskan buat konser," ujarnya saat menggelar konferensi pers secara daring, Kamis (2/7/2020).

Sharon menyebut persiapan konser ini dilakukan dalam waktu singkat yakni 6 Minggu. Tak sedikit kendala yang dihadapi bagi Berklee Indonesian Ensemble untuk berlatih di tengah aktivitas pembatasan sosial, demi tampil di dalam konser secara daring nanti.

"Kami harap bisa bawa hiburan, semangati teman-teman, kita semua rindu tanah air di AS maupun di Indonesia yang berbulan-bulan isolasi, semoga ini jadi cara kita bisa connect," tutur Sharon.

President Permias Massachusetts, Ardian Kusuma, mengatakan pihaknya menargetkan agar bukan hanya diaspora yang ada di AS saja, namun juga mereka yang ada di Eropa dan Asia juga menonton konser ini dan berpartisipasi dalam donasi untuk penanganan Covid-19 di Indonesia.

"Kami buka donasi selama 2 Minggu dimulai saat konser. Hasilnya kami sumbangkan ke Foodbank of Indonesia untuk bantu penanganan Covid di Indonesia," jelasnya.

Adapun kata Ardian penggalangan dana dilakukan melalui aplikasi GoPay (081314363669), Ovi (081234561819), Rekening BNI Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (2005-2020-55), dan aplikasi Venmo untuk penonton di Amerika Serikat.

"Videonya akan rerus ada di online platform. Masyarakat bisa tetap nonton dan mereka bisa nyumbang," imbuhnya.

Penyanyi Monita Tahalea yang bergabung dalam konser ini mengaku akan membawakan 2 buah lagu. Lagu pertama merupakan lagu klasik yang diaransemen Timotius Simanjuntak dan satu lagi lagu Monita sendiri yang diaransemen Berklee Indonesian Ensemble.

"Semoga konser ini jadi penghiburan buat teman-teman. Kita lalui sama-sama. Ini bukan sekedar konser tapi bergerak saling bantu," tegasnya.

Maestro Harpa, Rama Widi menyebut dirinya akan berkolaborasi dengan Berklee Indonesian Ensemble membawakan lagu Yura
Saya akan kolaborasi brekly
Saya bawain lagu Merakit milik penyanyi Yura Yunita.

"Saya berharap agar bisa menginspirasi musisi Indonesia yang lain untuk berinisiatif membuat konser serupa dan beri bantuan," ujar Rama.

Sementara itu, Wida Septarina dari Foodbank of Indonesia mengatakan donasi nantinya akan dibagikan langsung kepada masyarakat dalam bentuk makanan berkualitas dengan membuka dapur umum dan mobil pangan di lokasi-lokasi masyarakat yang paling terdampak atas Covid-19 ini. Mereka juga akan menyalurkan alat pelindung diri (APD) bagi para petugas medis di rumah sakit.

"Semoga insiatif baik disambut masyarakat dan membantu saudara kita. Senang sekali karena pendekatannya seni budaya dan musik. Semoga semuanya sukses.
Mewakili bagi asah kami ucapkan terima kasih," tukas Widi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

musik konser
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top