Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kasus Positif Covid-19 di Secapa AD, Ini Alasan Fisik Kuat Masih Bisa Tertular

Direktur Eksekutif Lembaga Kajian dan Konsultasi Pembangunan Kesehatan (LK2PK)  dr. Ardiansyah Bahar mengatakan bahwa meskipun terlihat memiliki fisik yang baik belum tentu berpengaruh pada fungsi imunnya
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 10 Juli 2020  |  20:03 WIB
 Sekolah Calon Perwira TNI Angkatan Darat (AD) atau Secapa AD yang berlokasi di Hegarmanah, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung. - Istimewa
Sekolah Calon Perwira TNI Angkatan Darat (AD) atau Secapa AD yang berlokasi di Hegarmanah, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Penambahan klaster penyebaran virus di Jawa Barat yakni di pusat pendidikan Sekolah Calon Perwira TNI Angkatan Darat (AD) atau Secapa AD, pasalnya calon perwira memiliki fisik yang baik. Mengapa bisa tertular?

Direktur Eksekutif Lembaga Kajian dan Konsultasi Pembangunan Kesehatan (LK2PK)  dr. Ardiansyah Bahar mengatakan bahwa meskipun terlihat memiliki fisik yang baik belum tentu berpengaruh pada fungsi imunnya.

"Tampak sehat karena memiliki fisik yang baik tidak menjamin fungsi imun atau kekebalan tubuh dalam kondisi optimal untuk mencegah masuknya virus dalam tubuh. Apalagi virus Corona yang saat ini mewabah sangat mudah untuk menular," tuturnya kepada Bisnis, Jumat (10/7/2020).

Oleh karena itu, menurutnya protokol kesehatan seperti jaga jarak, pakai masker, dan mencuci tangan menjadi kewajiban untuk semua orang tanpa terkecuali.

Seperti diketahui, sebanyak 1.262 orang di pusat pendidikan Sekolah Calon Perwira TNI Angkatan Darat (AD) atau Secapa AD yang berlokasi di Hegarmanah, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung terinfeksi virus corona.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menuturkan penambahan kasus signifikan dari klaster Secapa AD merupakan hasil penyelidikan epidemiologi sejak 29 Juni lalu.

“Yang kita dapatkan keseluruhan kasus positif dari klaster ini sebanyak 1.262 orang. Ini terdiri dari peserta didik dan beberapa tenaga pelatih yang ada di sana,” paparnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Secapa TNI AD
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top