Sekolah Calon Perwira TNI Angkatan Darat (AD) atau Secapa AD yang berlokasi di Hegarmanah, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung./Istimewa
Health

Kasus Positif Covid-19 di Secapa AD, Ini Alasan Fisik Kuat Masih Bisa Tertular

Krizia Putri Kinanti
Jumat, 10 Juli 2020 - 20:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Penambahan klaster penyebaran virus di Jawa Barat yakni di pusat pendidikan Sekolah Calon Perwira TNI Angkatan Darat (AD) atau Secapa AD, pasalnya calon perwira memiliki fisik yang baik. Mengapa bisa tertular?

Direktur Eksekutif Lembaga Kajian dan Konsultasi Pembangunan Kesehatan (LK2PK)  dr. Ardiansyah Bahar mengatakan bahwa meskipun terlihat memiliki fisik yang baik belum tentu berpengaruh pada fungsi imunnya.

"Tampak sehat karena memiliki fisik yang baik tidak menjamin fungsi imun atau kekebalan tubuh dalam kondisi optimal untuk mencegah masuknya virus dalam tubuh. Apalagi virus Corona yang saat ini mewabah sangat mudah untuk menular," tuturnya kepada Bisnis, Jumat (10/7/2020).

Oleh karena itu, menurutnya protokol kesehatan seperti jaga jarak, pakai masker, dan mencuci tangan menjadi kewajiban untuk semua orang tanpa terkecuali.

Seperti diketahui, sebanyak 1.262 orang di pusat pendidikan Sekolah Calon Perwira TNI Angkatan Darat (AD) atau Secapa AD yang berlokasi di Hegarmanah, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung terinfeksi virus corona.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menuturkan penambahan kasus signifikan dari klaster Secapa AD merupakan hasil penyelidikan epidemiologi sejak 29 Juni lalu.

“Yang kita dapatkan keseluruhan kasus positif dari klaster ini sebanyak 1.262 orang. Ini terdiri dari peserta didik dan beberapa tenaga pelatih yang ada di sana,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro