Diskriminasi/ilustrasi
Health

Rasisme Sebagai Krisis Kesehatan Masyarakat

Syaiful Millah
Selasa, 14 Juli 2020 - 16:30
Bagikan

Kebutuhan Perubahan Sistem yang Komplet

Karena rasisme adalah masalah mendalam yang menyentuh setiap lembaga, maka diperlukan perubahan sistem yang lengkap. Mulai dari ruang tempat tinggal, bekerja, bermain, berdoa, mendapat pendidikan, dan perawatan kesehatan.

“Saya selalu berbicara tentang rasisme sebagai virus,” ujar Powell. Untuk sebuah institusi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengenali rasisme sebagai krisis kesehatan. Kemudian memunculkan rencana tindakan untuk mengatasinya.

Untuk tujuan ini, sebuah institusi dapat melakukan tinjauan internal terhadap praktiknya dalam pekerjaan dan promosi, hingga pemilihan siswa dan kurikulum dalam konteks pendidikan.

Kasus pembunuhan terhadap George Floyd telah memunculkan keyakinan reformasi terhadap orang-orang kulit hitam. Para pemrotes menuntut adanya pembersihan institusi kepolisian yang dianggap telah menjadi budak patroli di Amerika Serikat.

Dalam konteks pendidikan kedokteran, Nuendo Olayiwola, ketua departemen kedokteran keluarga di The Ohio State University Wexner Medical Center juga menyebut ada pelatihan bias implisit yang terjadi dalam praktiknya.

Dia percaya bahwa pendidikan bisa menjadi kunci untuk menangani masalah rasisme dalam dunia kesehatan, “Ada banyak yang dapat dilakukan untuk mengajarkan tentang rasisme dalam pendidikan kedokteran,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro