Bayi/independent.co.uk
Health

Berapa Suhu Tepat Untuk Mandi Bayi?

Krizia Putri Kinanti
Kamis, 16 Juli 2020 - 12:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Dengan kebahagiaan adanya si kecil di tangan Anda, muncul tanggung jawab untuk memberinya mandi yang menyenangkan dan santai. Mandi membantu menenangkan bayi - namun, mandi air panas bisa membuat kulit lembut dan sensitif bayi Anda melepuh dan juga menyebabkan kekeringan.

Waktu mandi menyenangkan bagi bayi Anda. Dia dapat bergerak bebas di air tanpa pakaian dan menjelajahi dunia yang sama sekali baru.

Meskipun Anda menantikan saat ini dan menikmatinya, perlu untuk mengatur suhu air mandi ideal dalam Celcius untuk anak Anda. Dikutip dari Parenting Firstcry, Kamis (16/7/2020), Suhu mandi untuk bayi baru lahir dan bayi berkisar antara 37 derajat hingga 38 derajat celcius.

Dianjurkan untuk menggunakan suhu mandi yang disarankan untuk bayi. Ini karena suhu yang sangat tinggi dapat mengeringkan kulit anak Anda atau menyebabkan luka bakar, sedangkan suhu yang lebih rendah akan menyebabkan dingin.

Bagaimana menjaga suhu air aman untuk mandi anak Anda?

Kulit bayi sangat halus, dan ia bisa tersiram air panas hanya dalam beberapa detik. Oleh karena itu sangat penting untuk memeriksa suhu air sebelum Anda memandikan bayi Anda.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyesuaikan suhu air melalui pengaturannya. Jika Anda dapat memeriksa air panas yang keluar dari keran (sumbernya sendiri), itu dapat membantu mencegah panas dan juga menjaga suhu air yang tepat untuk mandi.

- Isi ember dengan air dingin dan kemudian campur dengan air panas. Campur air dengan benar untuk menghindari bintik-bintik panas atau dingin.

- Terus periksa suhu air secara berkala untuk mengetahui apakah suhu terlalu panas atau terlalu dingin untuk bayi Anda.

- Gunakan siku Anda untuk mendeteksi apakah air terlalu panas atau terlalu dingin untuk bayi Anda.

- Cobalah menyimpan mainan mandi atau termometer mengambang untuk menunjukkan suhu air mandi.

- Periksa suhu mandi bayi Anda dengan menempatkan siku Anda di dalam air

Apa Kedalaman air mandi yang tepat untuk bayi?

Kedalaman air yang tepat sangat penting saat Anda memandikan bayi atau balita. Bak mandi bayi yang diisi hingga 8 cm hingga 10 cm ideal atau bayi baru lahir dan bayi berusia 6 bulan. Untuk bayi yang lebih besar, isi bak mandi dengan air yang mencapai tingkat pinggul mereka dalam posisi duduk.

Setelah Anda menguasai cara mandi yang sempurna, ia menjadi cara yang fantastis untuk mengikat bayi Anda. Bayi suka bermain di air, dan saat si kecil tumbuh, dia akan suka bermain-main di bak mandi selama berjam-jam.

Sebagai seorang ibu, Anda harus siap untuk menghabiskan banyak waktu duduk di lantai di samping bak mandinya sementara bayi Anda menikmati waktu mandinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro