Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Benarkah Anjing Bisa Stress Melihat Orang Pakai Masker?

Sebuah badan amal hewan telah memperingatkan bahwa orang-orang yang menutupi wajah mereka dapat menakuti anjing dan membuat mereka 'bingung
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 20 Juli 2020  |  15:02 WIB
Anjing.  - CHEVROLET
Anjing. - CHEVROLET

Bisnis.com, JAKARTA -- Para ahli telah memperingatkan bahwa anjing mungkin takut pada orang yang memakai masker wajah dan mendesak pemilik hewan untuk menghindari membawa hewan peliharaan mereka di angkutan umum.

Sebuah badan amal hewan telah memperingatkan bahwa orang-orang yang menutupi wajah mereka dapat menakuti anjing dan membuat mereka 'bingung'. Dogs Trust mengatakan orang yang tiba-tiba mengadopsi masker wajah bisa membuat anjing merasa 'khawatir', karena mereka tidak dapat membaca ekspresi wajah.

Dikutip dari dailymail.co.uk, Senin (20/7/2020), Badan amal memperingatkan bahwa anjing menggunakan ekspresi wajah untuk membaca emosi sehingga masker dapat membuat hewan peliharaan tidak dapat melihat atau mendengar pemiliknya dengan benar.

Dr Jenna Kiddie, kepala perilaku di Dogs Trust, mengatakan: "Ketika masker wajah menjadi pemandangan yang semakin umum dalam kehidupan kita sehari-hari, kita harus memastikan anjing kita juga dapat mengambil ini dengan tenang. Tanpa bisa melihat wajah penuh, seekor anjing kurang bisa menafsirkan emosi manusia atau niat kita."

Dr Kiddie menambahkan bahwa pemilik harus menyadari bagaimana pedoman pengelompokan sosial berlaku untuk anjing, seolah-olah tidak ada 'bukti saat ini' anjing dapat menularkan virus corona, itu bisa ada 'pada lipatan, kerah atau mantel' mereka.

Dogs Trust juga menyarankan pemilik untuk menghindari membawa anjing di angkutan umum, karena anjing mungkin bingung ketika melihat kerumunan besar orang mengenakan masker. Dogs Trust juga meminta pemilik untuk tidak membiarkan anjing mereka diikat di luar toko atau supermarket, karena mereka mungkin menjadi tertekan oleh antrian orang-orang yang memakai penutup wajah

Pemilik anjing harus selalu memeriksa kebijakan operator perjalanan sebelum bepergian dengan hewan peliharaan mereka. Ini juga mendesak pemilik untuk hanya membawa anjing mereka dalam periode yang lebih tenang pada hari itu dan menghindari mengikat anjing mereka di luar toko. Untuk menghindari kerumunan lebih lanjut, pemilik anjing juga harus merencanakan waktu berjalan mereka di sekitar periode tersibuk, sehingga anjing mereka tidak harus berdiri atau melewati antrian panjang di luar toko.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

anjing masker
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top