Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

5 Langkah Untuk Membuka Diri Menjalin Hubungan

Kesepian yang Anda rasakan sekarang akan digantikan oleh rasa aman, kelembutan, dan kedekatan yang baru ditemukan antara Anda dan pasangan.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 23 Juli 2020  |  18:13 WIB
Ilustrasi - Allwomenstalk
Ilustrasi - Allwomenstalk

Bisnis.com, JAKARTA - Ketakutan dalam menjalin hubuungan adalah alasan utama orang tidak terbuka, secara emosional, dengan orang lain. Namun, jangan pernah merasa takut seumur hidup.

Jangan pernah menghukum diri Anda seumur hidup. Anda bisa belajar bagaimana membuka diri terhadap orang lain, bahkan dalam hubungan romantis (di mana terkadang itu bisa menjadi tantangan yang lebih besar).

Ada sejumlah besar emosi dan perilaku yang meningkatkan keintiman, atau memperdalam, hubungan Anda. Perasaan Anda sendiri adalah kunci untuk menemukan perilaku membangun keintiman apa yang akan bekerja untuk Anda.

Jika Anda menginginkan hubungan yang lebih dekat, lebih dalam, dan lebih aman secara emosional, buat keputusan untuk mengidentifikasi perasaan Anda dan membaginya dengan pasangan Anda. Belajar bagaimana mengekspresikan emosi akan membantu Anda dalam setiap hubungan yang Anda miliki dalam hidup - dan akan melayani Anda dalam hubungan intim Anda seumur hidup.

Dikutip dari Your Tango, Kamis (23/7/2020), berikut beberapa tips untuk belajar bagaimana menjadi lebih terbuka dan berbicara tentang perasaan Anda dengan lebih mudah:

1. Identifikasi perasaan Anda

Sadari gerakan dan sensasi tubuh Anda. Apakah Anda merasakan sesak di dada Anda? Apakah hatimu sakit? Apakah Anda tersenyum atau cemberut? Setelah Anda merasakan sensasi tubuh Anda, Anda dapat menentukan perasaan yang terkait dengannya. Anda dapat menemukan banyak istilah untuk menggambarkan perasaan Anda melalui pencarian Google.

Cari "kata-kata perasaan" dan pilih daftar istilah yang Anda identifikasi. Buat pelacak emosional dan catat kata-kata empat atau lima kali sehari. Dokumentasikan apa yang Anda rasakan saat sarapan, makan siang, makan malam, dan sebelum tidur selama satu minggu dan cari tren atau pola apa pun.

2. Bicara tentang itu

Setelah mengidentifikasi perasaan Anda, Anda dapat memilih untuk membagikannya dengan minat atau pasangan cinta utama Anda. Jika ini baru bagi Anda, Anda akan merasa tidak nyaman, yang normal. Semakin banyak Anda berlatih berbagi perasaan, semakin alami perasaan itu. Anda selalu memiliki pilihan untuk tidak membagikan perasaan Anda.

Dengan menahan perasaan Anda, Anda memilih untuk membatasi tingkat keintiman antara Anda dan pasangan. Pasangan Anda tidak dapat mengetahui diri Anda yang sebenarnya kecuali Anda membiarkannya masuk ke dunia Anda dengan membuka diri.

3. Dengarkan. Berbagi perasaan Anda adalah titik awal. Anda juga dapat memilih untuk mendengarkan perasaan pasangan Anda

Ini mungkin menantang jika Anda belum melakukan ini sebelumnya. Anda akan ingin memberikan perhatian penuh Anda. Mendengarkan pasangan Anda bukanlah waktu untuk melakukan banyak tugas (bermain video game sambil menonton TV dan mencoba mendengarkan pasangan Anda pada saat yang sama tidak akan bekerja dengan baik.)

Matikan teknologi dan pertahankan kontak mata dengan pasangan Anda. Dengarkan untuk memahami perasaan pasangan Anda.

4. Validasi perasaan masing-masing

Sebagai anak-anak Anda mungkin mendapatkan pesan bahwa rasanya tidak apa-apa. Apakah Anda diberitahu 'hentikan menangis Anda atau saya akan memberi Anda sesuatu untuk menangis?

Ungkapan-ungkapan seperti ini mematahkan kemampuan seorang anak untuk mendefinisikan pengalaman dan perasaannya sendiri. Perasaan memvalidasi membantu seseorang untuk mempercayai emosi mereka sendiri.

5. Belajarlah dari kesalahan relasional Anda

Setiap kesalahan emosional atau perilaku adalah kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang diri Anda dan pasangan Anda. Mempelajari perasaan satu sama lain adalah cara untuk mengembangkan kecerdasan emosional Anda. Semakin banyak Anda belajar, semakin dalam hubungan intim Anda. Belajar melakukan langkah-langkah ini akan mengguncang dunia Anda dan benar-benar dapat memperluas kebahagiaan Anda.

Kesepian yang Anda rasakan sekarang akan digantikan oleh rasa aman, kelembutan, dan kedekatan yang baru ditemukan antara Anda dan pasangan. Merasa terhubung secara emosional akan memiliki efek luar biasa pada hubungan fisik Anda juga. Imbalan membuka diri kepada orang lain sangat besar. Kerentanan adalah kunci keintiman emosional.

Berbagi perasaan Anda yang paling dalam dan diterima adalah kebutuhan dasar manusia dan bisa menjadi penyembuhan yang luar biasa. Setelah Anda memilih untuk membuka diri dalam hubungan Anda dan berusaha, ganjarannya tidak terbatas.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pasangan tips cinta tips bahagia
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top