Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur menyemprot disinfektan di sejumlah jalan protokol di Jatinegara, Senin (13/4/2020)./Antara
Health

Tinggal Dengan Pasien Virus Corona, Segera Disinfeksi Area Ini

Desyinta Nuraini
Senin, 27 Juli 2020 - 12:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Disinfeksi rumah perlu dilakukan segera ketika salah satu anggota keluarga dinyatakan terinfeksi virus corona atau Covid-19. Perlu diingat bahwa desinfektan harus strategis dan fokus pada item yang benar-benar penting.

Seperti yang diketahui bahwa penularan Covid-19 terjadi melalui droplet dari orang yang terinfeksi batuk, bersin, atau berbicara. Droplet tersebut terkadang menempel di permukaan yang apabila disentuh, infeksi bisa terjadi.

Untuk mencegah hal ini, mengisolasi anggota keluarga yang terinfeksi di sebuah ruangan terpisah menjadi cara terbaik untuk meminimalisir penularan.

Namun melansir Times of India, Senin (27/7/2020), ada baiknya segera membersihkan permukaan benda yang biasa disentuh pasien Covid-19 seperti gagang pintu, pegangan lemari es, remote control dan terutama telepon seluler. Yang terbaik adalah membersihkan lingkungan dengan handuk kertas sekali pakai daripada spons. Dengan menggunakan spons atau handuk, peluang penyebaran kuman ke tempat lain meningkat.

Hal lain yang perlu disinfeksi yakni kamar tidur yang menjadi area paling lama dipakai ketika sakit. Virus, bakteri ataupun kuman pastinya tertinggal pada benda-benda di area kamar tidur seperti seprai maupun boneka yang biasanya menemani tidur.

Setelah kamar tidur, bersihkan ruang tamu. Untuk mencegah kontaminasi di ruang tamu, tutup furnitur dengan lembaran yang bisa dicuci. Jika memungkinkan buat orang itu duduk di kursi terpisah. Hindari bantal dekoratif dan bersihkan meja serta remote setiap hari.

Adapun yang berikutnya adalah kamar mandi. Kamar mandi adalah tempat bagi kuman dan bakteri bersarang. Mereka harus dibersihkan secara teratur dengan desinfektan antibakteri. Jika Anda berbagi kamar mandi dengan orang yang sakit, maka penting untuk membersihkannya secara teratur.

Kemudian dapur. Yang terbaik adalah tidak membiarkan orang sakit memasak makanan untuk anggota keluarga lainnya. Dalam hal ini, mencuci tangan sudah cukup untuk mencegah penyebaran virus. Semua benda yang sering disentuh seperti meja, sandaran kursi, pegangan kulkas, dan laci harus dibersihkan dengan tisu dan semprotan desinfektan.

Terakhir adalah binatu atau tempat mencuci pakaian. Bersihkan handuk, selimut, dan pakaian orang sakit secara terpisah. Masukkan ke dalam mesin cuci dan bersihkan tangan Anda setelahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro