Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Saatnya Menanamkan Jiwa Entrepreneurship Pada Anak

Pengenalan entrepreneurship kepada anak-anak sebaiknya dilakukan sejak usia dini, sehingga bisa mengasah kemampuan dan inovasi anak.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 30 Juli 2020  |  10:55 WIB
Anak-anak bermain di wahana musim dingin Snow Storm yang dihadirkan untuk merayakan Lebaran dan musim libur sekolah 2019 oleh Pondok Indah Mall (PIM), Jakarta. - Istimewa
Anak-anak bermain di wahana musim dingin Snow Storm yang dihadirkan untuk merayakan Lebaran dan musim libur sekolah 2019 oleh Pondok Indah Mall (PIM), Jakarta. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Penerapan kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang ditetapkan oleh pemerintah, dapat dijadikan sebagai kesempatan bagi orang tua untuk menanamkan dan menumbuhkan jiwa entrepreneurship kepada anak

Meyske Ritiau, Psikolog Anak dan Keluarga mengatakan ilmu tentang kewirausahaan dan mengembangkan kreativitas dapat diberikan kepada anak sedini mungkin sebab ada banyak manfaat yang bisa didapatkan.

Namun yang harus dipahami orang tua, bahwa program kewirausahaan untuk anak-anak bukan hanya tentang cara mendapatkan uang atau membangun bisnis dari kreativitas mereka.

“Hal yang paling penting dari itu semua adalah mengembangkan karakter anak, seperti rasa percaya diri, ketekunan, kemampuan problem-solving, goal setting, hingga empati -semua hal yang akan mereka butuhkan dalam menghadapi tantangan di masa depan,” ujarnya, Kamis (30/7/2020).

Untuk mendorong dan menumbuhkan jiwa creativepreneurship anak-anak sebagai generasi penerus bangsa, Fortuna, salah satu agensi kreatif lokal bersama Paviliun 2, komunitas industri kreatif menggelar program “Kids Take Leads”.

Ratna Puspitasari, Deputy CEO, Fortuna mengatakan program ini akan memberikan lokakarya yang dibawakan oleh berbagai ahli di bidang kreatif dan kewirausahaan serta sharing session dari para kidspreneur yang sukses.

“Kami melihat di tengah kondisi saat ini, generasi muda justru perlu diberdayakan dengan berbagai keterampilan dari segi kreatif dan kewirausahaan, sehingga nantinya mereka akan lebih siap menghadapi berbagai tantangan di masa depan,” tuturnya.

Melalui program ‘Kids Takes Leads’ yang dibawakan oleh anak-anak untuk anak-anak, pihaknya berharap dapat memberikan kontribusi pada pengembangan kemampuan generasi muda Indonesia dengan cara yang kreatif dan menarik.

“Kami juga berharap semoga pengetahuan tentang creativepreneurship ini dapat masuk ke kurikulum nasional,” ujarnya.

Program “Kids Take Leads” merupakan rangkaian acara di Pot of Luck, sebuah creative hub di ranah online dan offline yang menyediakan wadah untuk bersatunya ide serta pemikiran kreatif, yang dibentuk oleh Fortuna.

Dengan tetap mentaati protokol kesehatan dan keamanan di masa transisi PSBB, program “Kids Take Leads” akan berlangsung secara virtual setiap hari Sabtu mulai 25 Juli 2020 hingga 15 Agustus 2020.

Adapun topik yang diangkat seputar dunia kreatif dan kewirausahaan yang dibawakan oleh beragam narasumber -mulai dari pelatihan tentang Membangun Brand, Product Development, Fotografi dan Desain untuk Media Sosial, Kolaborasi dengan Seniman Cilik, serta Peran Orangtua dalam Membangun Jiwa Kewirausahaan Anak.

Program “Kids Take Leads” berlangsung secara virtual dan terbuka tanpa biaya untuk anak-anak usia 10-12 tahun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

entrepreneur anak orang tua
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top