Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini 9 Manfaat Bersepeda Saat Pandemi Corona

Memilih jalur bersepeda yang tidak ramai menjadi tips agar terhindar dari infeksi virus corona (Covid-19).
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 03 Agustus 2020  |  15:33 WIB
Bersepeda bermanfaat untuk kesehatan. - Istimewa
Bersepeda bermanfaat untuk kesehatan. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Olahraga menggunakan sepeda menjadi tren selama pandemi virus Corona (Covid-19) di Indonesia.

Sekelompok komunitas menilai bahwa bersepeda lebih dan baik bagi keselamatan selama pandemi Corona. Setiap pengendara sepeda di luar memiliki kesempatan untuk menjelajahi dunia dengan sepeda  saat berada di luar ruangan, bersentuhan dengan alam.

Selain itu, pengguna sepeda bebas menentukan ke arah mana pun yang mereka inginkan, seperti mengelilingi komplek perumahan, menaklukkan perbukitan dan gowes di pinggir pantai.

Dikutip dari Portugal Bike Tours, Senin (3/8/2020), Mengapa Anda harus tur sepeda menjadi pilihan aman untuk bepergian? Berikut sembilan alasan mengapa:

1. Naik sepeda, bukan bus wisata

Tur sepeda adalah petualangan mandiri atau wisata privat kecil yang dipandu. Skala sebagian besar tur sepeda relatif kecil.

Sebagian besar tur sepeda sering kali terdiri dari satu kelompok dari dua hingga delapan pembalap dan dalam banyak kasus ini adalah pasangan atau kelompok kecil yang sudah saling mengenal - itu, menurut definisi, bukan acara yang mengumpulkan banyak orang.

Saat keluar sendiri atau kelompok Anda, Anda tidak boleh melewatkan praktik standar keselamatan dan kesehatan, tetapi sebagian besar waktu Anda akan terlindung dari interaksi dengan sejumlah besar orang.

Ada beberapa kesempatan di mana Anda akan berada dalam kerumunan kemungkinan akan berada di awal atau akhir tur, sementara di bandara atau stasiun kereta api, situasi di mana Anda akan berhubungan dengan lebih banyak orang.

2. Bersepeda adalah aktivitas yang terisolasi sendiri secara alami - hanya memerlukan kontak dengan alam.

Jika Anda tidak mempertimbangkan bersepeda dalam kegiatan olah raga, wahana kelompok besar, atau kegiatan bersepeda, tindakan mengendarai sepeda sendiri, menurut definisi, mandiri.

Anda tidak membagikan kendaraan Anda dengan orang lain dan tidak berhubungan langsung dengan orang lain saat berkendara - hanya dengan alam. Secara alami, kami sarankan Anda tetap aman dengan mencuci tangan dengan saksama, mendesinfeksi sepeda dan peralatan Anda, tidak membagikan sepeda Anda dengan orang lain dan menghormati norma sosial yang menjauhkan saat berkendara sendiri, dalam kelompok kecil atau keluarga Anda.

3. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan bersepeda untuk aktivitas fisik selama pandemi.

WHO telah menyarankan bersepeda sebagai salah satu cara terbaik untuk tetap aktif selama pandemi Covid-19, sebagai cara untuk berolahraga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Bersepeda telah dianggap sebagai salah satu cara paling aman untuk bepergian selama pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia.

4. Pergi keluar rumah sangat penting untuk kesehatan mental Anda.
Tinggal sederhana di luar rumah dapat melakukan keajaiban untuk menghilangkan kecemasan, stres, dan depresi. Penelitian yang tak terhitung jumlahnya telah membuktikan bahwa alam memiliki efek positif pada kesehatan mental Anda.

Apa yang Anda lihat, dengar, dan alami di alam dapat meningkatkan suasana hati Anda dengan cepat. Dan cara apa yang lebih baik untuk bersantai setelah semua ini berlalu selain mengelilingi diri Anda dengan alam?

5. Naik dari kota-kota besar - lebih sedikit (mobil) lebih banyak
Kebanyakan - jika tidak semua - tur sepeda tidak diadakan di kota-kota besar karena, mari kita hadapi itu, mobil tidak bisa pergi ke mana sepeda pergi.

Saat keluar dalam tur sepeda di Portugal, kemungkinan besar Anda akan mengendarai dengan jalan kecil, jalur makadam, jalur romawi atau jalur sepeda yang ditunjuk, yang berarti Anda akan menghindari sebagian besar aglomerasi, menginap dan hotel kecil, berbagi makanan di restoran kecil.

6. Pilih tujuan yang kurang terkena dampak pandemi.
Virus Covid-19 telah menyebar dengan cara berbeda di seluruh dunia. Situasinya dramatis, karena pandemi ada di mana-mana, tetapi telah mempengaruhi wilayah dan negara secara berbeda.

Memilih tujuan yang kurang terkena dampak atau lebih cepat untuk mengatasi resolusi keselamatan baru mungkin merupakan opsi yang baik.

7. Pilih penyedia dengan prosedur keselamatan dan kesehatan yang ketat.

Saat memilih agen perjalanan atau pemasok seperti hotel atau restoran untuk merencanakan tur Anda, pilih penyedia yang menawarkan praktik terbaik terkait standar keselamatan dan kesehatan.

Pastikan mereka memiliki kebijakan keselamatan untuk tim dan tamu mereka, bahwa sepeda dan kendaraan mereka bersih dan aman, dan bahwa mereka mencari hotel, restoran, dan penyedia lainnya yang beroperasi di bawah standar yang sama, untuk membuat Anda tetap aman setiap saat

8. Pilih penyedia yang menawarkan opsi pemesanan dan penundaan yang fleksibel

Periksa untuk melihat kebijakan fleksibilitas agen perjalanan Anda sebelum memesan. Pemesanan dengan perusahaan yang menawarkan opsi penundaan ke masa depan membuatnya lebih aman dan lebih dapat diandalkan untuk memesan dimuka.

9. Pesan sekarang dan manfaatkan penawaran khusus

Jika penyedia Anda menawarkan Anda fleksibilitas dan keamanan untuk mulai merencanakan tur, Anda mungkin ingin memesan sekarang dan mendapat manfaat dari penawaran dan diskon khusus yang mungkin mereka tawarkan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sepeda olahraga tips sehat bersepeda
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top