Rumah daur ulang
Fashion

Tiny Tetra House, Rumah Unik dari Sampah Daur Ulang

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 21 Agustus 2020 - 20:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA  - Rumah terbuat dari kayu atau bata adalah hal yang biasa, namun bagaimana jika ada rumah terbuat dari sampah daur ulang?

Stilt Studios meluncurkan Tiny Tetra House, sebuah bangunan yang mengusung konsep prefabrikasi serta menggunakan material dari sampah daur ulang, dengan desain yang unik dan menyatukannya dalam lingkup ekonomi setempat. 

Agustus tahun ini, sebuah bangunan contoh dibangun di Bali dan akan mulai dipasarkan pada bulan Oktober mendatang.

Stilt Studios menyatakan project ini sudah terdaftar dalam Kickstarter guna mengetahui tanggapan komunitas mengenai prototype yang sedang dibangun serta menghimpun sebagian dana dari beberapa pihak yang tertarik untuk mendukung keberlangsungan proyek ini.

“Kami memutuskan untuk meluncurkan proyek ini di Kickstarter untuk mendapatkan sebanyak mungkin tanggapan dari masyarakat sebagai dorongan yang berupaya untuk menyempurnakan prototype sebelum membangun versi produksi. Pendukung-pendukung proyek dapat membeli voucher menginap di Tiny Tetra House. Kami menerima segala bentuk dukungan!” kata Florian Holm, pendiri dan CEO Stilt Studios dalam siaran persnya.

Tiny Tetra House adalah bangunan seluas 64 meter persegi dengan fasilitas lengkap termasuk kamar tidur, ruang tamu, dapur, ruang makan dan kamar mandi yang dapat mengakomodasi 2 orang. Dimana Tiny Tetra House dibuat diatas struktur dengan ketinggian 40 cm dari permukaan tanah. Struktur utama bangunan ini menggunakan baja. Selain itu, kayu dan kaca juga menjadi material dominan yang digunakan pada bangunan ini.

Desain arsitektural Tiny Tetra House bertujuan untuk menyatukan bentuk bangunan dengan lingkungan sekitar, dengan memanfaatkan karakteristik reflektif dari material yang terbuat dari olahan sampah daur ulang. Orientasi diagonal dari bangunan ini menciptakan ruang dengan pemandangan yang menarik, baik dari dalam maupun dari luar bangunan. Penggunaan fasad kaca yang membentang penuh dari atas sampai bawah memberikan kesan luas dan elegan.

Lembaran modular yang terbuat dari hasil daur ulang kemasan Tetra Pak bekas membentuk elemen atap dan dinding, menjadikannya sebagai fitur utama yang membuat Tiny Tetra House unik.

“Seperti Negara lain, Indonesia, terutama di Bali, juga memiliki masalah dalam mendaur ulang limbahnya. Kini Stilt Studios ikut berupaya memberikan kontribusi positif dalam lingkup ekonomi, masyarakat setempat dan alam dengan menciptakan desain yang unik serta dapat mengurangi dampak terhadap lingkungan sekitar”, kata Alexis Dornier, salah satu pendiri dan Kepala Desainer di Stilt Studios.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro