logo baru merck
Health

Pil Antivirus Merck Potensial jadi Obat Resmi Covid-19 yang Pertama

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 26 Agustus 2020 - 08:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pil antivirus eksperimental Merck & Co memiliki potensi untuk menjadi obat efektif dalam perawatan pasien Covid-19.

Hasil dari studi tahap tengah yang menunjukkan kemungkinan bahwa obat Covid-19 dapat beredar di pasar sebelum akhir tahun.

Hal itu dapat membuat pembuat Keytruda, salah satu obat terlaris di dunia  kembali menjadi sorotan. Data positif juga dapat meyakinkan investor bahwa Merck memiliki saluran yang menjanjikan di luar obat kanker yang menghasilkan hampir sepertiga dari penjualannya.

Merck fokus pada pengembangan pada vaksin dan beberapa pengobatan potensial untuk virus corona baru. Negara-negara di seluruh dunia berfokus pada penimbunan inokulasi dan membuatnya dengan mematahkan peraturan dengan cepat, tetapi para ilmuwan sudah mengatakan vaksin pertama mungkin tidak terlalu efektif untuk waktu yang lama, dan perawatan untuk virus masih diperlukan.

Upaya Merck yang lebih terukur di bagian depan vaksin berarti perusahaan tersebut masih di belakang pengembang lain yang telah memasuki studi skala besar dan tahap akhir, tetapi antivirus eksperimentalnya dapat menjadi pengobatan untuk Covid-19 dengan lebih dari US$1 miliar dalam penjualan tahunan, kata seorang analis Wall Street.

Veklury, Plasma

Salah satu hal yang menonjol dalam perang yang dilakukan para dokter dan ilmuwan melawan penyakit ini adalah remdesivir dari Gilead Sciences Inc., yang sekarang dikenal sebagai Veklury. Tetapi dokter belum melihat hasil Covid-19 dari Veklury atau produk plasma yang menunjukkan manfaat pasti dalam memperpanjang hidup orang.

Hasil fase 2 dari dua studi pil antivirus Merck satu pada pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit dan satu pada pasien rawat jalan diharapkan terjadi dalam beberapa minggu ke depan. Jika hasil tersebut "positif dan tiba tepat waktu, kami yakin Merck dapat memulai uji coba fase 3 pada bulan September, yang dapat mendukung otorisasi penggunaan darurat sebelum akhir tahun, sejalan dengan" timeline persetujuan Veklury, analis SVB Leerink Daina Graybosch menulis di sebuah catatan.

Pil yang disebut, MK-4482, menghentikan replikasi virus. Ini ditemukan oleh para ilmuwan di Emory University dan sedang diuji dengan kolaborator Ridgeback Biotherapeutics LP. Bentuk pil menunjukkan keunggulan di atas Veklury, serta plasma penyembuhan, pengobatan yang telah diberikan oleh Food and Drug Administration untuk digunakan secara luas.

Keduanya perlu diberikan melalui infus, meskipun formulasi Veklury yang dihirup juga sedang dikembangkan. Pil Merck dapat menawarkan kenyamanan serta manfaat terapeutik yang lebih besar, menurut Graybosch, yang menunjuk pada pengobatan 5 hari untuk pasien yang tidak dirawat di rumah sakit.

“MK-4482 bisa menjadi pilihan yang tepat bagi pasien yang datang dengan gejala” bahkan sebelum tes konfirmasi, katanya menggambar paralel dengan pengobatan flu Tamiflu yang mencapai sekitar US$3 miliar dalam penjualan tahunan lebih dari satu dekade lalu.

Jutaan Dosis

Merck menegaskan mampu memproduksi jutaan dosis obat sebelum akhir tahun ini,” Roger M. Perlmutter, presiden dari Merck Research Laboratories, mengatakan kepada investor tentang laporan pendapatan kuartal kedua perusahaan bulan lalu.

Obat tersebut juga tampak aktif dalam tes laboratorium terhadap virus dengan mutasi yang membuatnya kebal terhadap Veklury, katanya.

Merck berencana untuk memulai dua uji coba penting baru pada bulan September, satu untuk pasien rawat jalan dan satu untuk mereka yang dirawat di rumah sakit. Sebuah studi besar rawat jalan fase 2 di bawah naungan National Institute of Allergy and Infectious Diseases juga sedang dikerjakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro