Sel virus corona/istimewa
Health

Cek Fakta : Militer Inggris Klaim Obat Nyamuk Semprot Ampuh Basmi Virus Corona

Desyinta Nuraini
Kamis, 27 Agustus 2020 - 14:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Angkatan bersenjata Inggris mengklaim virus corona dapat dibasmi oleh produk pengusir serangga.

Menurut para ilmuwan di Defense Science and Technology Laboratory (DSTL), citriodiol yang ditemukan di dalam obat nyamuk Mosi Guard ampuh mematikan virus tersebut. Dari penelitian yang dilakukan, pengusir serangga itu menawarkan lapisan perlindungan tambahan dari virus dan membunuhnya.

Citriodiol memang sudah diketahui dapat membunuh jenis virus corona lain tetapi hasil yang dipublikasikan hari ini, menunjukkan bahwa produk tersebut juga efektif melawan Covid-19.

Militer Inggris pun telah mengaplikasikan semprotan nyamuk itu ke masker wajah dan prosedur kebersihan lainnya untuk perlindungan tambahan.

Jacqueline Watson, direktur pelaksana Citrefine International Ltd, mengatakan pihaknya merasa ada peluang yang sangat baik citriodiol dapat bekerja melawan virus corona. "Tetapi tentu saja perlu diuji secara menyeluruh," ujarnya dilansir dari Express UK, Kamis (27/8/2020).

Angkatan bersenjata Inggris diketahui menyimpan Mosi Guard dalam jumlah yang banyak. Karena semprotan tersebut tidak memiliki efek samping negatif, maka mereka menggunakan semprotan tersebut tanpa peduli dengan hasilnya.

Citriodiol dibuat dari minyak dari daun dan cabang pohon eucalyptus citriodora. Hanya Citriodiol yang telah terbukti sebagai bahan utama, produk lain yang mengandung Deet dianggap tidak efektif.

Ketika tentara mulai mengeluarkan obat antivirus pada awal wabah, ada harapan obat itu bisa dimasukkan dalam pencuci tangan atau masker wajah.

"Perlindungan dan kesejahteraan personel angkatan bersenjata adalah prioritas. Untuk membantu mereka tetap sehat dan siap bertugas, Kementerian Pertahanan sedang mempertimbangkan tindakan tambahan apa yang dapat membantu sistem kekebalan mereka untuk tetap fit," tutur juru bicara angkatan bersenjatanya Inggris.

Citridiol sebelumnya telah digunakan untuk mencegah SARS. Mosi-Guard berisi Citridiol, tidak banyak dijual di Inggris. Itu hanya dapat dibeli di situs web Mosi-Guard dan Amazon.

Jauh dari potensi penggunaan pengusir nyamuk, uji coba untuk vaksin tengah dikembangkan oleh University of Cambridge dan baru dimulai. Vaksin DIOS-CoVax2 yang diusulkan dapat dikirim dengan satu jet udara.

Tim peneliti juga telah menggunakan pemodelan komputer 3D untuk menganalisis struktur SARS-CoV-2.

Profesor Jonathan Heeney, kepala Laboratory of Viral Zoonotics di University of Cambridge, dan pendiri DIOSynVax, mengatakan pihaknya sedang mencari celah di pelindung, bagian penting dari virus yang dapat digunakan untuk membuat vaksin guna mengarahkan respon imun ke arah yang benar.

"Pada akhirnya kami bertujuan untuk membuat vaksin yang tidak hanya akan melindungi dari SARS-CoV-2, tetapi juga virus corona terkait lainnya yang dapat menyebar dari hewan ke manusia," sebut Heeney.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro