Ilustrasi ibu dan anak remaja/istimewa
Health

Cara Mendidik Anak Tumbuh Jadi Mandiri

Krizia Putri Kinanti
Selasa, 1 September 2020 - 15:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Meskipun mungkin menjadi impian setiap orang tua untuk membesarkan anak-anak yang mandiri dan ingin tahu yang dapat menjaga diri mereka sendiri, sangat mudah tersesat dalam labirin gaya pengasuhan yang berbeda namun sama menariknya.

Dalam daftar metode pengasuhan yang terus berkembang ini, di tengah semua ini, pengasuhan Panda dipuji karena pendekatan inovatifnya dalam memberi anak-anak kepemimpinan dan kebebasan dalam hal pengambilan keputusan. Dikutip dari Times of India, Selasa (1/9/2020), Jika Anda ingin menerapkan gaya pengasuhan yang sangat lembut namun sangat efektif ini, berikut adalah tiga hal yang harus Anda ketahui:

1. Beri anak Anda kebebasan untuk membuat keputusan sendiri

Ketika Anda membiarkan anak-anak membuat keputusan sendiri dan berpikir sendiri (dalam keadaan yang sesuai dengan usia, tentu saja) Anda menanamkan rasa tanggung jawab, sejak awal. Mengasuh Panda adalah tentang membiarkan anak-anak belajar bahwa mereka bertanggung jawab atas keputusan mereka dan konsekuensi dari keputusan tersebut.

Perlu dicatat bahwa membiarkan anak-anak Anda berpikir sendiri tidak sama dengan membiarkan mereka sepenuhnya mandiri atau memberi mereka kebebasan penuh. Alih-alih, pengasuhan panda berfokus pada membantu mereka saat mereka mengalami kebuntuan dan saat mereka benar-benar membutuhkannya.

Alih-alih selalu mengawasi apa yang dilakukan anak Anda, Anda memercayai mereka dengan proses pengambilan keputusan, tetapi juga ada untuknya, jika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai rencana.

2. Triknya adalah menjaga keseimbangan

Memberi anak Anda kebebasan untuk membuat keputusan tidak sama dengan membiarkan mereka melakukan apa pun yang mereka inginkan. Triknya adalah menjaga keseimbangan antara mendorong keterampilan pengambilan keputusan mereka dan menerapkan aturan yang sesuai dengan usia mereka.

Untuk memulainya, Anda dapat menggarisbawahi aturan dasar tertentu seputar pekerjaan rumah dan waktu layar mereka, sambil mendorong mereka untuk memilih pakaian, makanan, mainan, hobi, dll. Sesuai usia mereka.

3. Kebaikan dan dukungan Anda sangat penting untuk mengasuh

Jika Anda membiarkan anak Anda mengambil keputusan sendiri, mereka pasti akan membuat kesalahan dan bahkan mengalami kegagalan. Inilah sebabnya mengapa penting untuk tetap baik hati ketika segala sesuatunya berjalan ke arah selatan dan membantu mereka merangkul kegagalan sebagai pelajaran untuk masa depan.

Jika Anda menunjukkan dukungan dan keyakinan yang teguh, hal itu tidak hanya membantu membangun ikatan yang lebih kuat di antara Anda berdua, tetapi juga membantu anak Anda menggunakan pengetahuan dan sumber dayanya dengan lebih efektif.

Ingat, anak Anda benar-benar mulai berpikir di luar kotak, saat Anda memberinya hadiah kemerdekaan. Meskipun mungkin tergoda untuk melakukan hal-hal tertentu sendiri, alih-alih menunggu anak Anda melakukannya sendiri, hal itu tentu saja bermanfaat dalam jangka panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro