Obat-obatan/boldsky.com
Health

Peneliti Sebut Hidrokortison Steroid Dapat Kurangi Risiko Kematian Akibat Covid-19

Syaiful Millah
Kamis, 3 September 2020 - 15:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Penelitian yang dilakuan oleh Imperial College London dan Intensive Care National Audit & Research Center menyatakan bahwa hidrokortison, obat anti-inflamasi, dapat menyelamatkan 1 dari 12 pasien virus corona.

Para peneliti menemukan bahwa pasien yang menerima perawatan intensif dengan obat ini selama 7 hari, memiliki peluang pemulihan yang lebih baik sekitar 93 persen dibandingkan dengan pasien yang tidak diobati dengan steroid.

Adapun, manfaat dari hidrokortison diumumkan bersamaan dengan analisis dari tujuh percobaan yang melibatkan tiga jenis steroid, termasuk deksametason yang telah ditemukan untuk mengurangi kematian dan digunakan secara luas.

Dilansir dari Express UK, Kamis (3/9) studi anyar itu menemukan bahwa pengobatan dengan salah satu dari tiga steroid: deksametason, hidrokortison, atau metilprednisolon menyebabkan penurunan risiko kematian sekitar 20 persen.

Anthony Gordon, yang memimpin penelitian tentang hidrokortison, mengatakan penelitian menunjukkan bahwa masyarakat sekarang memiliki lebih dari satu pilihan pengobatan bagi mereka yang paling membutuhkannya.

"Steroid bukanlah obat, tetapi membantu meningkatkan hasil. Memiliki pilihan jenis steroid yang berbeda, yang semuanya tampaknya meningkatkan pemulihan pasien, sangat bagus karena membantu meringankan masalah masalah pasokan obat,” katanya.

Dia melanjutkan bahwa National Health Service akan segera mengambil tindakan untuk memastikan bahwa pasien dapat memperoleh manfaat dari pengobatan dengan hidrokortison. Sangat penting bagi mereka menambahkan ‘senjata’ lain dalam perang melawan Covid-19.

Martin Landray, salah satu peneliti utama dan seorang profesor dari Universitas Oxford, mengatakan bahwa di antara pasien yang sakit kritis dengan Covid-19, kortikosteroid dosis rendah seperti deksametason secara signifikan mengurangi risiko kematian.

"Sejak munculnya Covid-19, pencarian telah dilakukan untuk pengobatan yang dapat meningkatkan kelangsungan hidup. Kortikosteroid tidak mahal dan tersedia secara luas. Oleh karena itu, bukti tambahan tentang kemanjurannya sangat disambut baik karena perawatan ini dapat digunakan untuk menyelamatkan nyawa di seluruh dunia," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro