Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Rekomendasi Negara Bagi Para Pensiunan

Menikmati masa pensiun, tinggal di lingkungan yang aman, nyaman, dan akses mudah menjadi dambaan.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 05 September 2020  |  15:29 WIB
Ilustrasi - Futuretimeline.net
Ilustrasi - Futuretimeline.net

Bisnis.com, JAKARTA--Setelah bekerja selama puluhan tahun, pensiun adalah bagian dari fase yang tidak terelakan bagi sebagian besar para pekerja atau pegawai.

Untuk menikmati pensiun, tidak jarang individu pergi ke tempat - tempat yang dapat membuat masa pensiun memuaskan dan membahagiakan.

Dilansir dari Money Talk News, para  editor majalah International Living, sebuah terbitan bulanan untuk pelanggan, telah memeringkat 10 tempat perlindungan pensiun teratas mereka.

Berikut tempat- tempat tersebut.

10. Vietnam

Kehidupan Internasional sangat menyukai Vietnam, terutama karena pantainya yang indah, kota-kota modern, pegunungan terjal, dan situs bersejarah berusia ribuan tahun.

Orang-orang Vietnam hangat dan ramah, ekonominya kuat, dan orang barat akan menikmati kenyamanan modern negara itu.

Biaya hidup di sini rendah di seluruh negeri. Laporan itu mengatakan:

“Bahkan di kota-kota termahal — Kota Ho Chi Minh dan Hanoi — dua orang dapat hidup dengan baik dengan biaya kurang dari $ 1.500 per bulan.”

9. Prancis

Anda mungkin menganggap Prancis terlalu mahal untuk menjadi tujuan pensiun yang terjangkau.

Tapi International Living mengatakan, "M ais non."

Francophiles majalah mengutip makanan dan anggur legendaris negara itu, iklim, adibusana, pedesaan yang masih alami, kehidupan budaya yang kaya, dan perawatan kesehatan yang sangat baik. Penggemar sejarah terpesona oleh sejarah yang panjang dan penuh warna.

"Biaya listrik, TV kabel, dan air sama dengan yang akan Anda temukan di AS," tulis Tuula Rampont, koresponden majalah di Prancis.

Tapi perumahan adalah sepertiga dari apa yang dia bayarkan di California. Dia memperkirakan pasangan dapat hidup dengan US$ 2.083 hingga US$ 2.483 sebulan, termasuk perawatan kesehatan dan sewa.

8. Spanyol

Dengan pantai, pegunungan, kota yang menakjubkan, festival penuh warna, dan sinar matahari hampir di mana-mana, Spanyol tetap menjadi salah satu negara Eropa paling populer bagi mereka yang ingin pensiun di luar negeri.

"Pengeluaran sehari-hari bisa sangat rendah," kata International Living, dan pasangan dapat hidup dengan baik di banyak bagian negara dengan biaya sekitar US$2.500 sebulan.

Makan siang adalah makanan utama di Spanyol, dan makan siang spesial restoran dengan harga tetap, termasuk dua menu isian, minuman dan terkadang makanan penutup, dapat dinikmati dengan harga antara US$11 dan US$ 20.

7. Malaysia

Pengaruh dari seluruh Asia dan sekitarnya telah menyatu untuk menciptakan perpaduan budaya, pakaian, arsitektur, dan masakan lintas budaya yang luar biasa dan terjangkau di Malaysia.

Menurut International Living:

“Sebuah keluarga beranggotakan 6 orang dapat makan di restoran Cina lokal yang bagus (10 hidangan) dengan harga kurang dari US$5,70 per orang, termasuk bir. Potong rambut pria hanya seharga US$2,16. Di Penang, pasangan bisa hidup nyaman dengan US$1.800 sebulan, termasuk sewa. ”

6. Ekuador

"Ekuador tidak bisa dikalahkan," kata banyak pensiunan.

Menghadapi Samudra Pasifik, terletak tepat di ekuator di sudut barat laut Amerika Selatan, dan dipenuhi dengan medan pegunungan, Ekuador menawarkan hampir semua iklim yang Anda suka hanya dengan bergerak ke atas atau ke bawah di ketinggian.

Surga ekspatriat populer di sini termasuk Cuenca, Quito, Cotacachi dan Salinas.

"Anggaran US$1.650 hingga US$1.825 sebulan untuk pasangan - tergantung lokasi dan gaya hidup - akan baik-baik saja," kata majalah itu.

5. Kolombia

Kolombia yang canggih adalah tujuan baru yang panas di Amerika Latin.

Koresponden International Living Nancy Kiernan menulis:

Mendapatkan visa pensiun untuk tinggal di Kolombia juga cukup mudah.

Yang perlu Anda lakukan adalah membuktikan pendapatan tahunan minimal US$750 dari Jaminan Sosial atau pendapatan tahunan US$2.500 dari pensiun pribadi atau 401K dan Anda berhak mendapatkan visa yang berlaku selama tiga tahun.

"Biaya hidup juga mudah," katanya. Anda dapat mengharapkan untuk membayar US$8 untuk makan malam yang baik dan US$4 untuk makan siang.

Biaya bervariasi tetapi pasangan dapat menghabiskan sekitar US$1.030 hingga US$2.720 sebulan, tergantung di mana mereka tinggal dan faktor lainnya.

4. Meksiko

Rumah bagi lebih banyak ekspatriat Amerika Utara daripada negara lain mana pun di dunia adalah Meksiko. Negara ini menawarkan geografi yang beragam, termasuk gurun kering, pantai hangat, dan kota-kota kolonial pegunungan tinggi.

Meksiko adalah negara modern dengan jalan beraspal, rumah sakit modern, jaringan listrik yang stabil, dan internet yang berfungsi.

Perlu biaya US$1.500 hingga US$3.000 sebulan, tergantung di mana Anda menetap. "Itu termasuk sewa dan perawatan kesehatan," kata International Living.

3. Kosta Rika

Sebuah negara yang aman dan stabil tanpa tentara, Kosta Rika telah menyambut orang asing dengan tangan terbuka selama tiga dekade.

Sepasang suami istri dapat menghabiskan US$2.000 sebulan untuk kehidupan yang nyaman, "tetapi tidak boros, di sini," kata International Living.

Di antara atraksi untuk pensiunan, perawatan kesehatan yang sangat baik, telekomunikasi modern, pantai tropis yang indah di pantai Karibia dan Pasifik, hutan hujan, lembah subur dan pegunungan yang sejuk serta teater, galeri seni, dan santapan lezat.

2. Panama

Panama berada di tempat kedua. Negara ini menarik pensiunan karena kemudahan hidup.

Biaya hidup di sini memungkinkan orang Amerika Utara memanjakan diri. Jika Anda menyukai kehidupan kota, maka Anda dapat menyewa kondominium dengan pemandangan laut mulai dari sekitar US$1.500 sebulan.

Namun, selama sebulan, hidup di Panamo bisa menghabiskan dana sekitar US$2.600 sebulan sebagai seorang lajang. Biaya Itu termasuk sewa, bahan makanan, utilitas, dan hiburan.

Pensiunan yang memenuhi syarat memiliki akses ke diskon yang cukup besar untuk perjalanan, perawatan kesehatan, hotel, restoran, dan lainnya.

1. Portugal

Berbaring tenang dalam bayang-bayang Spanyol yang riuh, Portugal menawarkan sepotong garis pantai dan interior yang dapat membawa Anda kembali berabad-abad.

"Orang-orangnya hangat dan ramah," tulis koresponden International Living Tricia Pimental.

Anda dapat menjalani gaya hidup yang nyaman, meskipun tidak boros, dengan biaya sekitar US$2.500 sebulan.

Jika Anda memilih untuk tinggal di Porto di utara, ibu kota negara Lisbon, atau di surga pantai ekspatriat di Cascais atau Algarve, maka Anda mungkin ingin menaikkannya hingga US$3.000.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pensiun dana pensiun lansia Manula
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top