Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus memberi info perkembangan situasi wabah Covi-19 di Jenewa, Swiss (24/2/2020). /Antara-Reuters
Health

WHO Tolak Dukung Vaksin Covid-19 yang Tidak Aman

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 6 September 2020 - 06:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Organisasi kesehatan dunia WHO menolak menduku g vaksin covid-19 yang belum terbukti aman dan efektif, di tengah kekhawatiran atas terburu-buru untuk mengembangkan suntikan untuk Covid-19.

Di seluruh dunia, pemerintah masing-masing negara berharap untuk menyebarkan vaksin secepat mungkin melawan virus, yang telah menginfeksi lebih dari 26 juta orang, menewaskan ratusan ribu orang, dan mendatangkan malapetaka pada ekonomi global itu.

Dalam prosedur normal, penyelenggara tes harus menunggu berbulan-bulan atau bertahun-tahun untuk memverifikasi bahwa kandidat vaksin aman dan efektif.
Tetapi karena pandemi terus memakan korban yang menghancurkan, ada tekanan besar untuk meluncurkan vaksin dengan cepat, yang memicu kekhawatiran bahwa standar pengujian dapat diturunkan.

Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menegaskan bahwa bukan itu masalahnya.

"WHO tidak akan mendukung vaksin yang tidak efektif dan aman," katanya dalam konferensi pers virtual dikutip dari timesofindia.

Dia juga mempermasalahkan apa yang disebut gerakan anti-vax yang telah memicu kekhawatiran tentang vaksin dalam pengembangan.

"Mereka mungkin bisa "membangun narasi untuk melawan vaksin, tetapi rekam jejak vaksin menceritakan kisahnya sendiri," katanya.

Saat ini ada lebih dari 30 kandidat vaksin yang sedang diuji pada manusia, dengan setidaknya delapan dalam uji coba Tahap III tahap akhir, yang biasanya melibatkan puluhan ribu orang.

"Kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Ini adalah skenario yang sangat optimis karena ada kandidat yang sangat besar," kata kepala ilmuwan WHO Soumya Swaminathan.

Dia menekankan bahwa hanya sekitar 10 persen dari kandidat vaksin yang berhasil.

Dia menjelaskan bahwa kecepatan pengembangan vaksin Covid yang belum pernah terjadi sebelumnya sebagian besar dimungkinkan oleh investasi sebelumnya dalam platform vaksin untuk penyakit lain, yang telah digunakan kembali untuk melawan virus corona baru.

Namun dia menekankan, pengembang tidak boleh melewatkan berbagai fase pengujian yang ketat.

"Tidak ada vaksin yang akan disebarkan secara massal sebelum regulator yakin dan pemerintah yakin dan bahwa WHO yakin bahwa vaksin ini telah memenuhi standar minimum keamanan dan kemanjuran." Tambahnya.

Tedros menyuarakan harapan vaksin akan segera menjadi tersedia sehingga dunia dapat kembali ke norma.

Tetapi pernyataan WHO yang mengatakan mereka mengharapkan untuk melihat hasil dari serangkaian uji coba Fase III pada akhir tahun, mengurangi harapan bahwa vaksin sudah bisa didistribusikan dalam waktu dekat.

Menunjuk pada tantangan besar dalam pembuatan dan peluncuran vaksin ke miliaran orang di seluruh dunia yang membutuhkannya, vaksinasi yang meluas diperkirakan tidak akan dimulai hingga pertengahan 2021.

Tedros menekankan bahwa, setidaknya pada awalnya, pasokan akan dibatasi.

"Prioritas harus diberikan untuk memvaksinasi pekerja penting dan mereka yang paling berisiko," katanya.

Dia juga menekankan bahwa prioritas pertama harus diberikan kepada beberapa orang di semua negara, daripada semua orang di beberapa negara.

WHO telah membentuk mekanisme, yang dikenal sebagai Covax, yang bertujuan untuk memastikan distribusi yang lebih adil dari setiap vaksin di masa depan, tetapi sejauh ini masih berjuang untuk mengumpulkan dana yang dibutuhkan untuk menyediakan dana bagi 92 negara miskin yang telah mendaftar.

Tapi Tedros memuji bahwa 78 negara dan ekonomi berpenghasilan tinggi dan menengah ke atas sekarang telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan berpartisipasi, termasuk Jerman, Jepang, Norwegia dan Komisi Eropa.

Dia menegaskan virus akan terus membunuh dan pemulihan ekonomi global akan tertunda jika negara-negara yang lebih miskin tidak dapat memperoleh akses ke vaksin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro